Pengaruh Pemahaman Konsep Asam Basa terhadap Konsep Hidrolisis Garam Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas XI
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amelia, D., Marheni, dan Nurbaity. 2014. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Teknik CRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. Vol. 4(1): 260-266.
Bradley, J.D., dan Mosimege, M.D. 1998. Misconceptions in Acids and Bases: A Comparative Study of Student Teachers with Different Chemistry Backgrounds. South African Journal of Chemistry. Vol 51 (3): 137-145.
Chang,R. 2003. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti Jilid 1. Terjemahan oleh Muhamad Abdulkadir, dkk . 2005. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Effendy. 2002. Upaya untuk Mengurangi Kesalahan Konsep dalam Pengajaran Kimia dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Media Komunikasi Kimia, 2(6):1-20.
Imaduddin, M. 2018. Analisis Miskonsepsi Submikroskopik Konsep Larutan Pada Calon Guru Kimia. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2): 1-12.
Kala, Nesli., Yaman, Fatma., dan Ayas, Alipasa. 2013. The Effectiveness of Predict-ObserveExplain Technique in Probing Students Understanding About Acid-Base Chemistry: A Case for The Concepts of pH, pOH, and Strength. International Journal of Science and Mathematics Education. 11(2): 555-574.
Kean, E. dan Middlecamp, C. 1985. Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta: PT Gramedia.
Monangin, R.R. 1999. Kerancuan Pemahaman Konsep Sebagai Akibat Pengajaran Konsep Asam-Basa Arrhenius dan Konsep Asam-Basa Bronsted-Lowry. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang.
Mufidah, L. 2008. Pengaruh Penguasaan Konsep Asam Basa terhadap Tingkat Penguasaan Konsep Hidrolisis Garam yang Diajarkan dengan Model Learning Cycle 5 Fase. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang.
Mujiwati, N. 2014. Identifikasi Pemahaman Konsep Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang.
Nakhleh, M.B. 1992. Why Some Students Don’t Learn Chemistry. Journal of Chemical Education, 69 (3): 191-195.
Orwat, K., Bernard, P., Mikuli, A.M. 2017. Alternative Conceptions of Common Salt Hydrolysis among Upper Secondary School Students. Journal of Baltic Science Education. Vol 16 (1): 64-76.
Smith, K.J. dan Metz, P.A. 1996. A Grinard Reaction to Dye For, Evaluating Student Understanding of Solution Chemistry through Microscopic Representations. Journal of Chemical Education, 73(3): 233-235.
Sukarna, I.M. 2000. Karakteristik Ilmu Kimia dan Keterkaitannya Dengan Pembelajaran di Tingkat SMU. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Vos,W. dan Pilot,A. 2001. Acids and Bases in Layers: The Stratal Structure of an Ancient Topic. Journal of Chemical Education. 78(2): 494-498.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4090
Refbacks
- There are currently no refbacks.