Kreativitas Guru dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19

Musyafa Ali, Erni Munastiwi

Abstract


Kecakapan hidup sebagai basik dasar dalam kehidupan hendaklah di ajarkan pada anak mulai sedini mungkin, agar kelak anak dapat tumbuh mandiri dan berdikari. Namun semenjak kemunculan COVID-19 di awal tahun 2020 hingga saat ini telah merubah tatanan kehidupan termasuk lingkup pendidikan. Hal ini menuntut guru untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran, termasuk pembelajaran kecakapan hidup pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaiana kreativitas guru PAUD Wadas Kelir dalam mengajarkan kecakapan hidup pada anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahap, yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa kreativitas guru dalam mengajarkan kecakapan hidup pada anak usia dini di masa pandemi covid-19 yakni, cooking day, aku pahlawan ibuku, cinta lingkungan, bercocok tanam aku anak pintar dan mandiri, senangnya berbagi, games kreatif dan aku anak sholeh. Pembelajaran kecakapan hidup yang diajarkan oleh guru PAUD Wadas Kelir berdampak pada sikap kemandirian dan kepedulian anak, hal ini dapat dilihat dari sikap yang di tunjukan anak dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Kreativitas, kecakapan hidup, anak usa dini, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup. Alfabeta.

Ardiyanti, S., & Munastiwi, E. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL BAGI. 4(2).

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2002). Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad-Based Education. Departemen Pendidikan Nasional.

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD, Tinjauan Teoritik dan Praktik. Ar-Ruz Media.

Ibrahim. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Rosdakarya.

Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Nuansa.

Muhdi, Senowarsito, L. S. (2012). Pendidikan Kecakapan hidup (Life skil) melalui child friendly teaching model sebagai dasarmembnagun karakter siswa. Jurnal UPGRIS.

Muhibah, B. (2011). Pengembangan Kecakapan Hidup anak usia dini dalam keluarga. Universitas Negeri Semarang.

Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif. Gramedia.

Mustofa, E. (2019). PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) MELALUI PEMBIASAAN MENCUCI TANGAN (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok A TK Al- Fidaa Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi, Tahun Ajaran 2015). Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 1, 25–32.

Nurmaliyah, S. L. P. dan F. (2010). Perencanaan Pembelajaran pada Bidang Studi Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling. UIN-Maliki Press.

Pramana, C., & Semarang, U. N. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Dimasa Pandemi Covid-19 Riwayat Artikel : Address : Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang. August. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Prihatiningsih, W. (2013). Upaya Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkit Taruna Teladan Delanggu Tahun Ajaran 2012/ 2013. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Shaumi, A. N. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 246.

Sudjana, D. (2007). Pendidikan Nonformal, Jurnal dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Imperial Bhakti Utama.

Taher, S. M. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al- Muthi’in Yogyakarta. 2, 35–50.

WHO Programme on Mental Health. (1997). Life Skills Education in Schools, WHO, Division of Mental Health and Prevention of Substance Abuse. Geneva.

Widayati, T. (2013). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Character Development of the Early Aged Children. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDN, 8(2), 85–93.

Wiyani, N. A. (2015). Manajemen PAUD Bermutu, Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Gava Media.

Zhang, Y., Jiang, B., Yuan, J., & Tao, Y. (2020). The impact of social distancing and epicenter lockdown on the COVID-19 epidemic in mainland China: A data-driven SEIQR model study. MedRxiv, 2019(December 2019), 2020.03.04.20031187. https://doi.org/10.1101/2020.03.04.20031187




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional