Metode Praktek dalam Memperkenalkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di PAUD Mawar Tasikrejo Pemalang

Failasuf Fadli

Abstract


Tujuan dari penelitian Deskriptif ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode praktek untuk anak usia dini di PAUD Mawar Tasikrejo dengan tujuan sebagai langkah untuk mengenalkan nilai-nilai keagamaan kepada anak pra sekolah. Data dikumpulkan menggunakan observasi lapangan dan wawancara dengan guru yang bersangkutan. Dari hasil wawancara dan data di lapangan membuktikan bahwa PAUD Mawar menerapkan metode praktek sholat maghrib dan wudhu kepada para siswa disamping adanya metode-metode lain untuk mengenalkan nilai-nilai keagamaan kepada siswanya. Dengan menggunakan metode praktek dalam pembelajaran diharapkan para siswa mampu untuk menerima materi yang disampaikan dengan baik dan dapat mempraktekan secara nyata pengetahuan yang telah disampaikan guru ketika di sekolah. Dengan diperkenalkannya anak-anak pada nilai-nilai keagamaan maka anak akan mampu mengembangkan potensi spritualitasnya dengan baik sesuai dengan tingkatan usianya. Selain itu, Juga dapat mengetahui kewajiban yang harus anak-anak lakukan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Spiritual juga disebut bekal bagi anak untuk tetap menggunakan nurani dan karakter positifnya

Keywords


Metode Praktik; Nilai-Nilai Keagamaan; PAUD

Full Text:

PDF

References


Ainul Hasanah, 2018. Mengajarkan Shalat pada anak melalui metode demonstrasi, Tanya jawab dan pembiasaan. Al-Hikmah:Indonesian Journal Of Early Chilhood Islamic Education. Vo.2 No.1 hlm 13-28

Ali, Muhammad Saputra. 2014. Penanaman Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini di R.A. DDI Addriyah Kota Palopo Jurnal Al-Qalam, Vol 20, No. 2

Anita. 2015. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal al-Shifa UIN Banten Vol. 6 No. 2

Ardy, Novan Wiyani. 2016. Kapita Selekta Paud. Yogyakarta: Grava Media

Aris Priyanto. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. Vol. XVIII. No. 2

Badru, Zaman dkk. 2010. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Basyiruddin, M. Usman. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press

Denok, Dwi Anggraeni. 2015. “Peningkatan Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol. 2 No. 2

Husain, Muhammad. 2009. Mengasuh Anak Fase Menyusu & Usia Prasekolah. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Teras.

Mufidah, Luk Luk Nur. 2014. Brain Based Teaching and Learning. Yogyakarta: Teras.

Musbikin, Imam. 2012. Cerdaskan Otak Anak dengan Doa!. Yogyakarta: Safirah.

Mursid, R. 3013. Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah pendidikan Universitas negeri Yogyakarta No.1

Prabowo, Ari. 2017. Pentingnya Berkisah Al-Qur'an dan Sunnah bagi Anak Usia Dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. Volume 2, August 2017.

Qudsyi, Hazhira. 2010. Optimalisasi Pendidikan Anak usia Dini Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. Buletin Psikologi UGM Vol. 18 No. 2

Rozi, Nova. 2012. Peningkatan Kecerdasan logika Matematika Anak Melalui Permainan Berhitung Menggunakan papan telur di TK Aisyiyah 7 Duri. Jurnal Pesona PAUD Universitas Negeri Purwokerto Vol.1 No. 1

Sastra, Rozi Purna & Arum Sukma Kinasih. 2015. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Index.

Syahrowiyah, Titin. 2016, Pengaruh Metode pembelajaran Praktik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pendidikan Agama Islam Siswa kelas IV Sekolah Dasar, Studia Didkatika Jurnal Ilmiah pendidikan Vol. 10 No.2




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional