The Role of Merdeka Belajar Kampus Merdeka on Teacherpreneurship Skill PG PAUD Student
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 142–150. Retrieved from http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8063
Anggreni, R. (2021). Teacherpreneurship dan Literasi Finansial. BangkaPost. Retrieved from https://bangka.tribunnews.com/2021/04/21/teacherpreneurship-dan-finansial-literasi
Azizah, A. H., Sandfreni, S., & Ulum, M. B. (2021). Analisis Efektivitas Penggunaan Portal Resmi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Menggunakan Model Delone and Mclean. Sebatik, 25(2), 303–310. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1671
Berry, B. (2011). Teacherpreneurs: A more powerful vision for the teaching profession. Phi Delta Kappan, 92(6), 28–33. https://doi.org/10.1177/003172171109200606
Doddy. (2021). Jadikan Kampus Sebagai Kawah Candradimuka Untuk Mencetak Pengusaha-Pengusaha Baru. Retrieved from https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/jadikan-kampus-sebagai-kawah-candradimuka-untuk-mencetak-pengusaha-pengusaha-baru/
Fathur. (2020). Teacherpreneurship Ajarkan Murid Berwirausaha Sejak Dini.
Feriady, M., Harnanik, H., & Santoso, A. (2020). Teacherpreneurship Determination Toward Teacher Innovation and Competitive Advantage in the Disruption Era: Application of Strategic Entrepreneurship Theory in Educational Institutions. KnE Social Sciences-ICE-BEES 2019 International Conference on Economics, Business and Economic Education 2019 Volume 2020 Conference, 2020(February 2018), 787–797. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6642
Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2017). Kreativitas Entrepreneurial Leadership Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(7), 171–180. https://doi.org/10.1108/EUM0000000001168
Griffin, R. . (2004). Manajemen (7th ed.; W. C. Kristiaji, Ed.). Jakarta: Erlangga.
Heller, R. (2008). Peter Drucker Pioner Besar Manajemen teori dan Praktek diterjemahkan oleh Puji. Jakarta: Esensi Erlangga group.
Herawati, N., & Hidayat, A. (2020). Peranan Guru Dalam Efektivitas Kegiatan Belajar Mengajar Pada PAUD Rose Jakarta. Akrab Juara, 5(1), 43–54. Retrieved from http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
IDN Research Institute. (2019). Indonesia Millennial Report 2019: Memahami Perilaku Milenial Indonesia. IDN Research Institute, 01, 61. Retrieved from https://www.idntimes.com/indonesiamillennialreport2019
Kasali, R. (2011). Change. Jakarta: Gramedia.
Khaeruddin, Arwadi, F., & Majid, A. F. (2021). Meningkatkan Pemahaman Dosen terkait Rekognisi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 1293–1296. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19” ISBN: 978-623-387-015-3.
Novitasari, N. (2019). Keterampilan Entrepreneurship Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 70–87. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i1.53
Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. Retrieved from http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066
Peterson, T., Veisson, M., Hujala, E., Härkönen, U., Sandberg, A., Johansson, I., & Bakosi, E. K. (2016). Professionalism of preschool teachers in Estonia, Finland, Sweden and Hungary. European Early Childhood Education Research Journal, 24(1), 136–156. https://doi.org/10.1080/1350293X.2015.1120529
Prihadi, W. R., & Sofyan, H. (2016). Pengembangan Model Teacherpreneur Developing a Model of Teacherpreneur. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 230–240.
Pusparisa, Y. (2021). BPS: Sarjana yang Menganggur Hampir 1 Juta Orang pada Februari 2021. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/31/bps-sarjana-yang-menganggur-hampir-1-juta-orang-pada-februari-2021
Rejeki, N. S., & Suwardi, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 37. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.579
Robbins, S.P & Coulter, M. (2009). Manajemen jilid 1 (eight). Jakarta: Indeks.
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425–434. Retrieved from https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737
Sari, Y., Zaman, B., & Setiasih, O. (2018). Profil Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran (Studi Kasus pada Guru di Taman Kanak-Kanak Sekolah Alam Bandung). EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1–9. Retrieved from https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.009%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-019-13856-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-14365-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125
Wiyani, N. A. (2017). Teacherpreneurship : gagasan & upaya menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yuwono, C., Mu’arifudin, & Sumardiana, B. (2021). Implementasi KKN Kampus Merdeka pada Penyusunan Skripsi Mahasiswa Program Pendidikan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19”, ISBN: 978-623-6535-49-3, 42–48. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19.”
Zubaidi, M. (2020). Hubungan Profesionalisme Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dengan Efektivitas Pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v10i1.13195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional