Development of Sciences Generic Skills Assessment (SGSA) Instrument: Basic Chemistry Practicum
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ali, Ahmad, dkk. (2015). Pengembangan Perangkat Assessmen Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makasar. Jurnal Program Pascasarjana UNM. Vol 2, No 1.
Basuki, Ismet dan Hariyanto. (2014). Assesmen pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Branch, R. M. (2009). Instructional design : the ADDIE approach. New York: Springer.
Jusniar, Side, S. and Anwar, M. (2014). Pengembangan perangkat assesment berbasis keterampilan generik sains ( KGS ). Jurnal Pendidikan kimia, 1(1), pp. 35–42.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rajawali Pers.
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Muchtar, H. (2010). Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur.
Muspiroh, N. (2012). Analisis kemampuan generik sains mahasiswa calon guru biologi pada praktikum anatomi tumbuhan. Jurnal Scientiae Educatia Vol. 1 Edisi 1 Analisis, 1 (April), pp. 1–15.
Nitko, A. J. (2001). Educational assessment of students (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill.
Redhana, I. W. and Liliasari. (2008). Program pembelajaran keterampilan berpikir kritis pada topik laju reaksi untuk siswa SMA. Forum Kependidikan, 27(2), pp. 103–112.
Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Susanti, R. (2013). Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah pada praktikum fotosintesis dan respirasi untuk meningkatkan kemampuan generik sains mahasiswa pendidikan biologi FKIP Unsri.
Urios, M. I. et al. (2015). Generic skill development and learning/assessment process: Use of rubrics and student validation, Journal of Technology and Science Education, 5(2), pp. 107–121.
Widoyoko, Eko Putro. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.
Widhiarso, W. (2004). Mengestimasi reliabilitas. Yogyakarta: UGM PRESS.
Winarti, T. (2014). Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), pp. 1409–1420.
Yuliyanti, E., Hasan, M. and Syukri, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Generik Sains dan Penguasaan Konsep Melalui Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), pp. 76–83.
Zainul, A. (2001). Alternative Assessment. Jakarta: Dirjen Dikti.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v3i1.7096
Refbacks
- There are currently no refbacks.