Analisis Literasi Pendidikan STEM pada Siswa dan Pemahaman Konsep IPA Melalui Peta Konsep di SDN Palasari II

Oktian Fajar Nugroho, Muhammad Aqmal Nurcahyo

Abstract


Di banyak negara di seluruh dunia, ada peningkatan penekanan pada peningkatan pembelajaran sains melalui pendidikan STEM. Literasi pendidikan STEM harus lebih banyak dianalisa di Indonesia. Sebagai contoh, mengembangkan beberapa metode atau pendekatan tentang pendidikan STEM masih dikembangkan oleh banyak peneliti dapat meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan STEM. Namun, pra-penelitian tentang literasi siswa tentang pendidikan STEM harus dilakukan untuk mengetahui karakteristik murid Indonesia. Tulisan ini menyajikan fakta tentang pendidikan STEM di salah satu Sekolah Dasar di Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan randomized control group pretest and posttest. Hasil penelitian ini memberikan beberapa bukti indikator pendidikan STEM yang dapat membantu peneliti lain untuk mengembangkan pendidikan STEM di Indonesia. Ada kebutuhan untuk penelitian tentang pendidikan STEM untuk memberikan para siswa dengan keterampilan abad 21. Namun, kami menyarankan untuk mengembangkan STEM Education yang berfokus pada siswa Indonesia dan kondisi fasilitas sekolah.

Full Text:

PDF

References


Ananiadou, Katerina., 21st Century Skills and Competence for New Millennium Learners in OECD Countries, in the OECD Education Working Paper Series, 2009.

Bagiati, A., &Evangelou, D. (2016). Practicing engineering while building with blocks: identifying engineering thinking. European Early Childhood Education Research Journal, 24(1), 67-85. doi:10.1080/1350293X.2015.1120521

Barrett, B. S., Moran, A. L., & Woods, J. E. (2014). Meteorology meets engineering: an interdisciplinary STEM module for middle and early secondary school students. International Journal of STEM Education, 1(1), 6. doi:10.1186/2196-7822-1-6

Lalor, S.B. 2014 The Effects of Using Concept Mapping for Improving Advanced Level Biology Students’ Lower and High Order Cognitive Skill, International Journal of Science Education, 36 (5), 839-864, doi: 10.1080/095006 93.2013.829255

Lian, M. W. S., 2009 An Investigation into High Achieverand Low Achiever Knowledge Organisation and Knowledge Processing in Concept Mapping: A Case Study, Reserach in Science Education, 39(3), 337-352 DOI: org/10.1080/03055698.2009.643100

Gerstner, S &Bogner, F. X. 2009 Cognitive Achievement and Motivation in Hands on and Teacher Centred Science Classes: Doesn an additional hands on consolidation phase (concept mapping) optimise cognitive learning at work stations? International Journal of Science Education, 32(7), 849-870, doi: 10.1080/0950 0690902803604

Guzey, S. S., Moore, T. J., Harwell, M., & Moreno, M. (2016). STEM Integration in Middle School Life Science: Student Learning and Attitudes. Journal of Science Education and Technology, 25(4), 550-560. doi:10.1007/s10956- 016-9612-x

Schleicher, A (2018), World Class: How to build a 21st-century school system, Strong Performers and Successful Reformers in Education, OECD Publishing, Paris.

Schnittka, C. G., Evans, M. A., Won, S. G. L., & Drape, T. A. (2016). After- School Spaces: Looking for Learning in All the Right Places. Research in Science Education, 46(3), 389-412. doi:10.1007/s11165-015-9463-0

Yanyan, L., Zhinan, H., Menglu, J., & Ting-Wen, C. (2016). The Effect on Pupil's Science Performance and Problem-Solving Ability through Lego: An Engineering Design-based Modeling Approach. Journal of Educational Technology & Society, 19(3), 143-156.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i2.4395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.