Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Fisika-Kimia Berbasis Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Calon Guru MI/SD

Zuanita Adriyani, Kristi Liani Purwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum IPA Fisika-Kimia berbasis learning cycle 5E yang valid dan implementasi petunjuk praktikum IPA Fisika-Kimia tersebut diharapkan dapat meningkatkan keterampilan Proses Sains Calon guru. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi berbasis pengembangan Cennamo dan Kalk dengan langkah - langkah (1) fase pendefinisian yang meliputi studi pustaka, observasi awal; (2) fase perencanaan petunjuk praktikum IPA Fisika-Kimia dan instrumen penelitian; (3) fase peragaan atau uji coba skala kecil; (4) fase pengembangan petunjuk praktikum IPA Fisika-Kimia; dan (5)  fase penyajian pada skala luas. Desain penelitian yang digunakan adalah “one group pretest posttest design”. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi sample yang terpilih adalah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah (PGMI) UIN Walisongo Semarang semester IV angkatan 2016/2017. Hasil simpulan bahwa Petunjuk praktikum IPA Fisika-Kimia yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid. Petunjuk praktikum IPA Fisika-Kimia yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains calon guru MI/SD dengan nilai N-gain sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Respon mahasiswa terhadap petunjuk praktikum IPA Fisika-Kimia yang dikembangkan adalah sangat baik dengan rerata skor 26,6.

Full Text:

PDF

References


Adisendjaja, Yusuf Hilmi. 2009. Peranan Praktikum dalam Mengembangkan Keterampilan Proses dan Kerja Laboratorium. Makalah MGMP Biologi Kabupaten Garut

Cennamo, K. dan Kalk, D. 2005. Real world Instructional Design. Canada: Thomson and Wadsworth.

Hasret, N. & Y. Necati. 2006. The Effectiveness of The Learning Cycle Berbasis to Increase Students ‟Achievement In The Physisc Laboratory. Turkish Science Education, 3(2): 49-65.

Hendri, Edi. 2010. Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi. Junal Saung Guru, 1(2): 1-11.

Permatasari, Indhah, dkk,. 2016. Pengembangan Modul Fisika SMA/MA Berbasis Siklus Belajar 7E (Learning Cycle 7E) Berbantuan Video Pada Materi Fluida Dinamis sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893, Vol 5, No. 2, 2016 (hal: 134-142)

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sapriati, Amalia. 2011. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Simatupang, D. 2008. Pembelajaran berbasis siklus belajar (Learning cycle). Jurnal kewarganegaraan, vol 10. No. 01 juni 2008.

Trianto.2013. Mendesaign Berbasis Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana.

Zulyetti, D. 2012. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Kelas XI Semester 1. Tesis. Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i2.4073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.