Profil Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa SMA di Kota Lubuklinggau pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis

Yaspin Yolanda, Ahmad Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan profil keterampilan proses sains (KPS) fisika siswa di SMA Kota Lubuklinggau pada materi listrik dinamis. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas XII semester ganjil di sma Negeri 1, MAN 1 Model dan SMA Negeri 5 di Lubuklinggau. Pengambilan sampel dilakukan secara purpossive sampling. Metode Deskriptif kualitatitif. Data dianalisa secara  kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil data penelitian KPS fisika siswa kelas XII IPA pada pokok bahasan Listrik Dinamis disimpulkan (1) Keterampilan proses sains fisika siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan suhu dan kalor di MA Al-Muhajirin Tugumulyo adalah terampil, dan (2) Solusi untuk menyelesaikan permasalahan ketersediaan aspek KPS  adalah melatih dan dilatih dengan pendekatan KPS fisika siswa agar ketersediaan aspek KPS siswa dapat muncul/tersedia. Adapun aspek KPS yang perlu dilatih dan melatih adalah keterampilan klasifikasi, mengkomunikasikan, berhipotesis, menerapkan konsep, bereksperimen, menggunakan alat dan bahan, interprestasi dan mengajukan pertanyaan. Persentase peningkatan KPS yakni, keterampilan observasi 90,3%, keterampilan klasifikasi 85,3%, keterampilan interpretasi 87,2%, keterampilan prediksi 80,4 %, keterapilan merencanakan percobaan atau penyelidikan 92,6%, keterampilan menggunakan alat dan bahan 92,1%, keterampilan menerapkan konsep atau prinsip 82,3%, keterampilan berkomunikasi 89,4%, keterampilan mengajukan pertanyaan 95,1%, dan  keterampilan berhipotesis 81,2%. Sehingga secara keseluruhan terjadinya peningkatan yang signifikan 87,3% KPS siswanya.

Full Text:

PDF

References


Hilpan, Mochammad. 2014. Analisis Ketersediaan Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Fisika Kelas XI pada Konsep Fluida. Jurnal Pendidikan, 2, 24-48.

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurhasanah. 2016. Jurnal Penggunaan Tes Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa dalam Pembelajaran konsep Kalor dengan Model Inquiri Terbimbing. 2 (12), 17-18.

Pratama, Hutomo Eri. 2015. Jurnal Keterampilan Proses Sains Siswa Jurusan IPA Beberapa SMA di Yogyakarta. ISSN: 2252-9454, 10-17.

Saputra, Andika W. 2015. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali pada Mata Pelajaran Fisika. 6 (2), 8-15.

Sugiyono. 2010. Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotor. Jakarta: Rajawali Pers

Yolanda, Y. 2014. Kualitas Batu Bata Campuran Kotoran Sapi Serta Implementasinya Pada Pembelajaran Fisika Materi Tekanan Menggunakan Pembelajaran Dengan Pendekatan CTL di SMP Negeri 1 Lubuklinggau. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu

Yolanda. Y. 2015. Keterampilan Proses Sains Sebagai Penilaian Pembelajaran Sebagai implementasi Kurikulum 2013. Lubuklinggau. Prosiding Seminar Nasional Matematika II, p2




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i2.4067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.