Deskripsi Kesulitan Belajar Materi Fisika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kota Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan jenis jenis kesulitan belajar fisika pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Semarang. Sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VIII di Kota Semarang yang ditentukan secara cluster sampling menurut peringkat sekolah dilihat dari hasil nilai ujian nasional. Analisis data dilakukan secara deskriptif, data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil belajar siswa pada materi cahaya kelas VIII.
Hasil dari analisis hasil belajar siswa tersebut didapatkan kesulitan belajar fisika siswa SMP di Kota Semarang secara umum meliputi indikator kesulitan belajar berhitung 41,48 %, kesulitan pemahaman konsep 42,3 % serta kesulitan mengartikan lambang dan mengkoversi satuan 37,89 %.
Adanya deskripsi kesulitan belajar ini dapat dijadikan acuan oleh penulis lain untuk dapat mengurangi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dengan penerapan model dan metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai.Full Text:
PDFReferences
Arief, Meizuvan Khoirul. 2012. Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Siswa RSBI: Studi Kasus Di RSMABI Se Kota Semarang. Unnes Physics Education Journal. Volume. 1 No.2
Charli, Leo. dkk. 2018. Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI). Volume 1, No 1
Checkley, D. 2010. High School Students’ Perceptions of Physics, Faculty of Education. Lethbridge, Canada
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Haqiqi, Arghob Khofya. 2018. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. Volume. 6, No. 1, 37-43
Marantika, I. 2007. Pengaruh Keaktifan Organisasi Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Rusilowati, Ani. 2006. Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 4 (2), 100-106.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Gramedia
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kelima). Bandung: Alfabeta.
Suyanto, 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep Teknik Otomotif Di SMKN 1 Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional. Volume 5, No. 1
Wahyudi. 2006. Pelaksanaan Remedial Bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca Permulaan Kelas II SD . Jurnal Guru Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang. Volume 03 No.1 hal 81
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.4044
Refbacks
- There are currently no refbacks.