Analysis of Science Literacy Teaching Book Class XI at SMA Negeri Surakarta on Acid-Base Material
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbari, T., Sonjaya, Y., & Anwar, S. (2017). Analisis Keterbacaan Mahasiswa Terhadap Buku Teks Terjemahan Materi Asam Basa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(1), 88. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i1.1299
Anbiya, K., Ismayani, A., & Hanum, L. (2018). Analisis Literasi Sains Pada Buku Ajar Kimia Kelas X Sma Negeri Di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(2), 56–63.
Andi, P. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Kencana.
Ardianto, D., & Pursitasari, I. D. (2017). Do Middle School Science Textbook Enclose an Entity of Science Literacy? Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 1(1), 24–27. https://doi.org/10.33751/jhss.v1i1.369
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Cetingul, P. I., & Geban, O. (2005). Understanding of Acid-Base Concept by Using Conceptual Change Approach. Hacettepe University Journal of Education, 29, 69–74.
Chiappetta, E. L., & Fillman, D. A. (2007). Analysis of five high school biology textbooks used in the United States for inclusion of the nature of science. International Journal of Science Education, 29(15), 1847–1868. https://doi.org/10.1080/09500690601159407
Ekohariadi. (2009). Perkembangan Kemampuan Sains Siswa Indonesia Berusia 15 Tahun Berdasarkan Data Studi PISA. Pusat Penilaian Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Kirna, I. M. (2007). Dalam Pembelajaran Berbantuan Multimedia Interaktif.
Kurnia, F., . Z., & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika Sma Kelas Xi Di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1263
Lailatul, H., Rosyidatun, E. S., & Miranto, S. (2015). Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik (Bse) Biologi Kelas Xi Semester 1 Berdasarkan Literasi Sains. Edusains, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1403
Landis, J. R., & Koch, G. G. (1977). The Measurement of Observer Agreement for Categorical Data Published by : International Biometric Society Stable URL : http://www.jstor.org/stable/2529310. Biometrics, 33(1), 159–174.
Lin, J.-W., Chiu, M.-H., & Liang, J.-C. (2004). Exploring Mental Models and Causes of Students’ Misconceptions in Acids and Bases. Narst 2004, May 2014, 1–12.
Liu, X. (2009). Beyond science literacy: Science and the public. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 301–311.
Maturradiyah, N., & Rusilowati, A. (2015). Analisis Buku Ajar Fisika Sma Kelas Xii Di Kabupaten Pati Berdasarkan Muatan Literasi Sains. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1), 17–20. https://doi.org/10.15294/upej.v4i1.4731
Mochamad Irsyan, S., Setiawan, A., & Rusnayati, H. (2013). Analisis buku ajar fisika SMA kelas X di kota Bandung berdasarkan komponen literasi sains. Prosidings Seminar Nasional Fisika 2013, 94–102.
Nasution. (2018). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar Cetakan keduabelas. Bumi Aksara.
Ngertini, N., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sman 3 Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 1–11.
Nur’aini, D., Rahardjo, S. B., & Vh, E. S. (2017). Analisis Buku Ajar Kimia Kelas XI pada Materi Termokimia di Kota Surakarta Brdasarkan Muatan Literasi Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21, 254–259.
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173
Prastiwi, M. N. B., & Laksono, E. W. (2018). The ability of analytical thinking and chemistry literacy in high school students learning The ability of analytical thinking and chemistry literacy in high school students learning. Journal of Physics: Conference Series, 1097(012061), 1–8. https://doi.org/doi :10.1088/1742-6596/1097/1/012061
Qodratillah, M. T. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahardjo, S. B., & Ispriyanto. (2019). Buku Siswa Kimia Berbasis Eksperimen 2 Untuk Kelas XI SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Tiga Serangkai.
Retno, A. T. P., Saputro, S., & Ulfa, M. (2017). Kajian Aspek Literasi Sains Pada Buku Ajar Kimia Sma. Seminar Nasional Pendidikan Sains “Strategi Pengembangan Pembelajaran Dan Penelitian Sains Untuk Mengasah Keterampilan Abad 21 (Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration/4C) ,” 21(2013), 112–123. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11400
Sariyanto, L. (2020). Modul Pengayaan Kimia Untuk SMA/MA Peminatan Kelas XI. SIMPATI.
Septia Marisa, Irwandi, D., & Muslim, B. (2021). Analisis Buku Teks Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kelas XI Berdasarkan Indikator Literasi Sains. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(2), 120–131. https://doi.org/10.21009/jrpk.102.08
Sudradjat, I. (2020). Teori dalam penelitian arsitektur. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur, 5(1), 1–6. https://doi.org/doi: http://doi.org/10.30822/arteks.v5i1.378
Sugiyarto, & Heru, P. (2013). Miskonsepsi Atas Konsep Asam-Basa, Kesetimbangan Kimia, dan Redoks dalam Berbagai Buku-Ajar Kimia SMA/MA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 41–53. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12476
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Humaniora.
Ummah, M., Rusilowati, A., & Yulianti, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Gelombang Cahaya. Unnes Physics Education Journal, 7(3), 51–57.
Wahyusari, P. (2017). Analisis buku teks kimia SMA kelas xii berdasarkan literasi sains skripsi. 214.
Wenning, C. J. (2007). Assessing inquiry skills as a component of scientific literacy. Journal of Physics Teacher Education Online, 4(2), 21–24.
Wilkinson, J. (1999). A quantitative analysis of physics textbooks for scientific literacy themes. Research in Science Education, 29(3), 385–399. https://doi.org/10.1007/BF02461600
Wulandari, E. T., Lisnawati, R., & Margono, N. Y. (2020). Kimia Untuk SMA/MA Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam Kelas XI. PT Penerbit Intan Pariwara.
Yuliyanti, T. E., & Rusilowati, A. (2014). Analisis Buku Ajar Fisika Sma Kelas Xi Berdasarkan Muatan Literasi Sains Di Kabupaten Tegal. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 69–72. https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3597
Zulfiani, Feronika, T., & Suartini, K. (2009). Strategi Pembelajaran Sains. Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v5i1.11719
Refbacks
- There are currently no refbacks.