Dampak Gerakan Boikot Produk Negara Pro-Israel Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rumah Tangga Selama Perang Isrel – Palestina (Studi Kasus di Kabupaten Kudus)

Bun Norikun, Sudarsono Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan media sosial dalam mempengaruhi Keputusan pembelian melalui Gerakan boikot produk yang diduga terafiliasi Israel. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 110 orang di Kabupaten Kudus dan analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu AMOS. Hasil penelitian ini adalah variabel religiusitas berpengaruh signifikan terhadap gerakan boikot, variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel media sosial tidak berpengaruh terhadap gerakan bikot, variabel media sosial juga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel gerakan boikot tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


religiusitas; media sosial; gerakan boikot; keputusan pembelian

References


Alwi, Said. 2014. Perkembangan Religiusitas Remaja. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Ardhani, Naufal Dian. 2023. Analisis Dampak Boikot Pro Israel Terhadap Perekonomian Di Indonesia. Jurnal Oportunitas Unirow Tuban Vol.04, (02). Pages: 13-16.

Fakriza, Rouza, Ridwan Nurdin. 2019. Pengaruh Religiusitas Terhadap Boikot Dengan Loyalitas Merek Sebagai Variabel Moderasi Pada Kfc Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 4, (1). Pages: 206-216

Ferdinad, A. 2013, Metode Penelitian Manajemen, Edisi IV. Semarang: Universitas Diponegoro.

Herdiansyah, Haris, et al. 2024. Pengaruh Paparan Media Sosial, Loyalitas Dan Konformitas Terhadap Keputusan Pembeli Produk Mcdonald’s Pasca Boikot. GANDIWA: Jurnal Komunikasi Vol. 04 (01) e-ISSN:2798-5180. Pages: 58-71

Husna, Khotimatul. 2023. Dampak Pemboikotan Produk Pro Israel Fatwa Dsn Mui Nomor 83 Tahun 2023 Bagi Warung Rumahan Di Kota Banjarmasin. Journal of Islamic Jurisprudence, Economic and Legal Theory. Pages: 868-876

Indriyani, Ratih, Atita Suri. 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14 (1). Pages: 25-34.

Jaelani, Anisa, Yustia Nursyifa. 2024. Perilaku Konsumen Islam Terhadap Boikot Produk Israel. Jurnal Karimah Tauhid, Volume 3 (2) e-ISSN 2963-590X. Pages:2312-2327.

Jamalia, Bessek. 2023. Pengaruh Religiusitas, Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal. Wasathiyah : Jurnal Studi Keislaman Vol. 4, (1). Pages: 1-7.

Khoiruman, M., Ambar Wariati. 2023. Analisa Motivasi Boikot (Boycott Motivation) Terhadap Produk Mc Donald Di Surakarta Pasca Serangan Israel Ke Palestina. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan Vol 10 (2). Pages: 247-257.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Keller K. L. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, R. Setyo, et al. 2024. Efektivitas Seruan Aksi Boikot Produk Pro Israel Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Bagi Produk Lokal. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan Vol.4 (2). Pages: 306-329.

Lubis, Andi F., et al. 2017. Hukum Persaingan Usaha. Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Meliani, Aldeana, et al. 2021. Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2. Pages: 174-186

Mokobombang, M.Alfa Riski. 2023. Perilaku Boikot Dalam Perspektif Islam Serta Implementasinya Di Era Kontemporer. Journal of Economics and Islamic Economics Vol. 3 (1). Pages: 88-95.

Munandar, Aldi, et al. 2023. Analisis Sentimen Netizen Indonesia Mengenai Boikot Produk. Tauhidinomics: Journal of Islamic Banking and Economics Vol. 3 (1), Pages: 23-40

Nasution, Patimah. 2022. Pengaruh Religiusitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Rabbani Di Dumai Kota. Jurnal Tamaddun Ummah Vo.2 (1). Pages: 35-48.

Oktavia, et al. 2024. Pengaruh Dampak Boikot Produk Amerika Terhadap Perokonomian Indonesia. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA) Vol. 2 (1) e-ISSN: 2964-9943, p-ISSN:2964-9722. Pages: 318-323.

Pratiwi, Bela, et al. 2021. Analisis Pengaruh Intention to Boycott pada Konsumen Produk Perancis di Indonesia. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan Volume 2 No. 1. Pages: 257-276.

Rahmasari, Fauzatul L.N. 2024. Analisis Pasar Mengenai Kehalalan Dan Isu Boikot Produk Kosmetik Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonomi Vol.1 (3) e-ISSN: 3046-7144, p-ISSN: 3046-7411. Pages: 289-294

Septiazi, M. Risqi Fauzan, Nina Yuliana.2023. Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Gerakan Boikot Produk Israel Di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial Vol. 2 (4). E-ISSN: 2988-1986. Pages: 31-40.

Sudarsono, Heri. 2008. Telaah Dampak Boikot Produk Amerika terhadap Perekonomian Nasional. UNISIA, Vol. XXXI (70). Pages: 417-430.

Sugandi, Rafid, Riri Anggraini. 2024. Gerakan Sosial: Aksi Bela Palestina Boikot Produk Israel Di Kota Padang 2017-2023. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan Vol. 4 (2). Pages: 01-17.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, R. Intizar, et al. 2023. Voices of Resistance: How Students are Using Civil Disobedience in Protest against Fuel Price Rise Policy in Indonesia. Journal of Communication Sciences Vol 5 (2). Pages: 114-125




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v12i2.29526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.