Analisis Halal Value Business dan Desain Strategi Daya Saing UMKM Berbasis Pengetahuan Ibu-Ibu Pengrajin Emping Melinjo di Pandeglang

Asep Maksum, Faisal Sundani Kamaludin, Kuncoro Hadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis nilai kehalalan dalam bisnis pada UMKM emping melinjo di Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan memperoleh data primer melalui wawancara, FGD dan observasi. Ibu-ibu pengrajin emping melinjo di Kecamatan Saketi dan Kecamatan Menes, Pandeglang dengan dipilih untuk menjadi informan dalam penelitan ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Halal Value Business adalah konsep menghubungkan sebuah bisnis dalam koridor syariah mulai dari nilai, prinsip dan implementasinya dalam produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai Islam secara intangible telah memberikan pengaruh dalam perkembangan usaha UMKM emping melinjo, secara tangible, diperlukan suatu pemahaman strategi lebih kongkrit agar produk emping melinjo bisa bersaing di pasaran.


Keywords


Emping melinjo; UMKM; produk halal; pengusaha perempuan.

References


Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). Halal lifestyle di indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 57–81. https://doi.org/10.21274/an.2019.6.1.57-81

Akbari, T., & Khadijah, A. (2020). Sosialisasi Business Model Canvass untuk Pengembangan Usaha Emping Melinjo di Desa Tegalwangi, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Jurnal pengabdian pada masyarakat, 5(2), 384. https://doi.org/10.30653/002.202052.363

Apip Alansori, S. E. , & Erna Listyaningsih, S. E. (2020). Kontribusi UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Penerbit Andi.

Ayuningsih, S. F., Nurbaeti, N., & Gunawijaya, J. (2023). Memorable tourist experience: kunjungan wisata ke sentra produksi emping melinjo sebagai daya tarik wisata heritage. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 9(1). https://doi.org/10.30813/jhp.v9i1.4172

BPS. (2023). Sumbangan Perempuan Terhadap Pendapatan . Biro Pusat Statistik . https://www.bps.go.id/indicator/40/467/1/sumbangan-pendapatan-perempuan.html

BPS Kabupaten Pandeglang. (2023). Kabupaten Pandeglang Dalam Angka 2023. https://pandeglangkab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=MTY3OTU3MTdiZWU4OWYzZWE3MzBkYzFi&xzmn=aHR0cHM6Ly9wYW5kZWdsYW5na2FiLmJwcy5nby5pZC9wdWJsaWNhdGlvbi8yMDIzLzAyLzI4LzE2Nzk1NzE3YmVlODlmM2VhNzMwZGMxYi9rYWJ1cGF0ZW4tcGFuZGVnbGFuZy1kYWxhbS1hbmdrYS0yMDIzLmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMy0wOS0wMyAwOTowOTo1Mg%3D%3D

Diah Delima, I. S., Amanah, S., & Tjitropranoto, P. (2016). Kompetensi Pemilik dan Pekerja Usaha Mikro Makanan Ringan tentang Mutu Produk di Cilegon dan Pandeglang, Provinsi Banten. Jurnal Penyuluhan, 12(2), 168. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i2.10905

Diahsari, E. Y., Sumantri, S., Harding, D., & Sulastiana, M. (2015). Memaknai Keberhasilan Usaha : Studi pada Perempuan Pengusaha di Yogyakarta. In In Seminar Psikologi & Kemanusiaan.

Firmansyah, M., Dewa, I., & Yudha, K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas – Jurnal Ekonomi Pembangunan , 3(2), 156.

Ghafur, A. (2018). Etika bisnis dalam perspektif Islam. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 1–21.

Gümüsay, A. A. (2015). Entrepreneurship from an Islamic Perspective. Journal of Business Ethics, 130(1), 199–208. https://doi.org/10.1007/s10551-014-2223-7

Gunawijaya, R. (2017). Kebutuhan manusia dalam pandangan ekonomi kapitalis dan ekonomi islam. Jurnal Al-Maslahah, 13(1), 131–150. www.ilmuekonom.net.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (Charles L. (2017). Operations management : sustainability and supply chain management (12th ed.). Pearson.

Helida, D. A. (2015). engaruh Produk Bersertifikat BPOM terhadap Keputusan dan Minat Beli Msyarakat Desa Wringin Bondowoso [Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18243

Hijriah, H. Y. (2016). Spiritualitas Islam dalam Kewirausahaan. TSAQAFAH, 12(1), 187. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i1.374

Ilyas, R. (2016). Manusia sebagai khalifah dalam persfektif islam. MAWA’IZH: Jurnal dakwah dan pengembangan sosial kemanusiaan, 7(1), 169–195. https://doi.org/10.32923/maw.v7i1.610

Kusnandar, V. B. (2021). Proporsi Penduduk Beragama Islam Pandeglang Tertinggi di Banten pada 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/08/proporsi-penduduk-beragama-islam-pandeglang-tertinggi-di-banten-pada-2021

Kusuma, R. I., Rahmania, B., Amalia, R., Mina, E., Fathonah, W., Wigati, R., & Kuncoro, H. B. B. (2022). Penyuluhan pengemasan emping melinjo pada industri rumah tangga di kampung karang mulya kecamatan menes. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.59066/jppm.v1i2.13

LPPOM MUI. (2023). Kriteria Sistem Jaminan Halal. https://halalmui.org/kriteria-sistem-jaminan-halal-dalam-has23000/

Lubaba, A., & Prasetyoningrum, A. K. (2019). Etika bisnis Islam: implementasi pada umkm wirausahawan krupuk tayamum di desa sarirejo kec kaliwungu kab kendal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(`).

Maksum, A., & Kamaludin, F. S. (2023). Innovation Using Islamic Values as Sustainable Competitive Advantage: Case study on Muslim Clothing MSMEs. International Journal of Advanced Research in Economics and Finance. https://doi.org/10.55057/ijaref.2023.5.1.18

Mohamed, S. B., Rashid, R. A., Abdullah, A. H., Wahab, Z., Ain, H., Rahman, A., Mohd, A., Khairol, M., Ariffin, A. M., Asri, W., Aziz, W. A., & Besar, R. (2016). A review of key principles in halal manufacturing. International Journal of Applied Business and Economic Research, 14(14), 10539–10549.

Mursidah, I., Fartini, A., Syariah, F., & Banten, H. (2023). Strategi Mengembangkan Gaya Hidup Halal di Banten: Pengembangan Industri Produk Halal dan Kesadaran Bersyariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 9(1), 893–904. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7656

Noor, S., Isa, F. M., & Shafiq, A. (2022). Entrepreneurial Success: Key Challenges Faced by Malaysian Women Entrepreneurs in the Aged Care Industry. Business Perspectives and Research, 227853372210874. https://doi.org/10.1177/22785337221087481

Oktarina, A., & Mu’alim, A. (2017). Implementation of Islamic Business ethics on small and medium-sized enterprises (SMEs): case study of SMEs XYZ. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 18(2). https://doi.org/10.18196/jesp.18.2.4042

Patton, M. Q. (2014). Qualitative evaluation and research methods (4th ed.). Sage Publications.

Putra, T. W. (2018). Investasi dalam ekonomi Islam. Jurnal Ulumul Syar’i, Desember, 7(2).

Putri, M. N. (2022). Literasi keuangan syariah dan kinerja UMKM. Milkiyah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(2), 81–87. https://doi.org/10.46870/milkiyah.v1i2.240

Putri, S. (2021). Peran pembiayaan syariah dalam pengembangan umkm di indonesia. Al Hisab: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.59755/alhisab.v1i2.67

Rafianti, F., Krisna, R., & Radityo, E. (2022). Dinamika Pendampingan Manajemen Halal Bagi Usaha Mikro dan Kecil Melalui Program Self Declare. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 636–643. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.19732

Rafsanjani, H. (2016). Etika produksi dalam kerangka maqashid syariah. Jurnal Perbankan Syariah, 1(2), 28–41.

Rizaty, M. A. (2022). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022. Monavia Ayu Rizaty Artikel ini telah tayang di Dataindonesia.id dengan judul “Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022”., Author: Monavia Ayu Rizaty. Editor: Dimas Bayu. Klik selengkapnya di sini: https://dataindonesia.id/varia/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022.

Salim, A. (2018). Pengaruh peran sociopreneurship terhadap keberhasilan usaha (Studi Pengusaha UMKM Pada Debitur di PT. Esta Dana Ventura). Journal for Business and Entrepreneur, 2(2), 1–13. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Sari, D. K., Doriza, S., & Zulfa, V. (2021). Tingkat pendidikan dan motivasi kesiapan suksesor pada bisnis keluarga. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(01), 11–21. https://doi.org/10.21009/JKKP.081.02

Segati, A. (2018). Pengaruh persepsi sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap persepsi peningkatan penjualan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 159. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.175

Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96–112. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.295

Sobarna, N. (2021). Eco-Iqtishodi Konsep Kepemilikan Dalam Ekonomi Islam Menurut Taqiyuddin An-Nabhani. JurnalIlmiahEkonomidan Keuangan Syariah, 2(2), 107–118.

Turmudi, M. (2017). Produksi dalam perspektif ekonomi islam. ISLAMADINA, 18(1), 38–56.

Wahyudi, M. F. (2021). Peran Manusia Di Bumi Sebagai Khalifah Dalam Perubahan Sosial. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 1–13.

Wati, D., Arif, S., & Devi, A. (2021). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online di Humaira Shop. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 141–154. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.654

Yulia, Y. (2021). Pendampingan Analisis Usaha Pembuatan Abon Rebung di UKM ”Raja Abon Makmur Lestari” Kelurahan Air Kepala Tujuh Kota Pangkal Pinang. Jurnal Abdidas, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.209

Yusfiarto, R., & Pambekti, G. T. (2019). Does internet marketing factors with islamic value improve SMEs performance? Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(4), 807–828. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i4.1101




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v11i2.22593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.