Analisis Determinan Minat Menggunakan Peer To Peer Lending Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggaruh kemudahan, kepercayaan dan risiko terhadap minat menggunakan peer to peer lending syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi, Penelitian ini dilakukan pada UMKM kota Salatiga. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisoner pada UMKM kota Salatiga. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 100 UMKM jumlah tersebut diperoleh dengan perhitungan mengunakan rumus slovin. Data diolah menggunakan alat bantu IBM SPSS stastistic. Melalui analisis data yang telah dilakukan menunjukan bahwa : Kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan peer to peer (P2P) lending syariah, Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan peer to peer (P2P) lending syariah, Risiko berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menggunakan peer to peer (P2P) lending syariah, Religiusitas dapat memoderasi pengaruh kemudahan terhadap minat menggunakan peer to peer (P2P) lending syariah, Religiusitas dapat memoderasi pengaruh kepercayaan terhadap minat menggunakan peer to peer (P2P) lending syariah, Religiusitas dapat memoderasi pengaruh risiko terhadap minat menggunakan peer to peer (P2P) lending syariah.
Kata Kunci: Kemudahan, Kepercayaan, Risiko, Minat Menggunakan Peer To Peer Lending Syariah, Religiusitas, Peer To Peer lending syariah, UMKM, moderasi, moderasi religiusitas
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Amanullah, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Positif Penggunaan Layanan Mobile Banking. UniversitasDiponegoro, 3(2), 66.
Ariawaty, R. R. N., & Evita, S. N. (2018). Metode Kuantitatif Praktis (1st ed.). PT. Bima Pratama Sejahtera.
Asri, hendri rahmayani. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan peer to lending. Jurnal Ilmiyah Multidisiplin, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.99
Bertagnolli, C. (2011). Delle vicende dell’agricoltura in Italia; studio e note di C. Bertagnolli. Delle Vicende Dell’agricoltura in Italia; Studio e Note Di C. Bertagnolli., 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
Fadzar, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan , Persepsi Kemudahan Penggunaan , Kepercayaan dan Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Lending Syariah. Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 1–4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.23089
Hariyanti, E. (2015). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, EFEKTIVITAS DAN RISIKO TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY. Excutive Summary, 23, 57168.
Hasibuan, H. T. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Layanan Financial Technology Peer To Peer Lending Syariah. E-Jurnal Akuntansi, 31(5), 1201. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i05.p10
Perdana K, E. (2016). Olah Data Skripsi dengan SPSS 22 (Christianingrum (ed.); 1st ed.). LAB KOM Manajemen FE UBB.
Planifolia, A., Resfa Fitri, & Yekti Mahanani. (2021). Peer-to-Peer Lending Syariah dan Dampaknya terhadap Kinerja serta Kesejahteraan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Muzara’Ah, 9(1), 109–127. https://doi.org/10.29244/jam.9.1.109-127
Rohmaniah, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Lokasi dan Brand Image terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. Semantic Scholar, 108. 209991731
Satryawati, E. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 4(1), 36–52. https://doi.org/10.37012/jtik.v4i1.284
Setyani Irmawati, Delu Damelia, D. W. P. (2012). Analisis arah kebijakan ekonomi terhadap sektor pendidikan dalam peningkatan ipm. Journal of Economics and Policy, 5(62), 271–279. https://doi.org/10.15294/jejak.v7i1.3596
Wicaksono, B. A., & Krisnadi, I. (2017). Analisis Pengembangan Strategi Bisnis Perusahaan Fintech Di Indonesia (Studi Kasus pada PT. Amartha Mikro Fintek). Academia, 1–9.
Zaenuri, A., Zusrony, E., & Nurcahyaningsih, W. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Pada Pelaku UMKM Kota Salatiga. Dinamika, 2(1), 57–63. https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.124
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v11i1.18730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.