Pengaruh Keterampilan Motorik di Sekolah dan Rumah terhadap Kreativitas Anak Usia Dini
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketrampilan motorik di rumah dan sekolah terhadap kreatifitas anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Prambatan Lor Kabupaten Kudus. Subjek penelitiannya siswa kelompok A yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data tes dan oobservasi. Sebelum dilakukan analis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Analis data dalam penelitian ini dilakukan pengujian signifikansi Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 29,529 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Niali signifikansi F hitung lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Motorik di Sekolah (X1), Motorik dirumah (X2) berpengaruh terhadap kreatifitas siswa, (2) pengaruh Motorik di Sekolah terhadap kreatifitas siswa. Pengujian hipotesis pertama (H1) memiliki nilai X1= 0,850 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05), sehingga H1 diterima. Jadi variabel Motorik di Sekolah berpengaruh positif pada kreatifitas siswa. (3) pengaruh Motorik di rumah terhadap kreatifitas siswa. Pengujian hipotesis pertama (H1) memiliki nilai X2= 0,110 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,05), sehingga H1 diterima. Jadi variabel Motorik di siswa berpengaruh positif pada kreatifitas siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Depdiknas (2003) Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah: Jakarta Dirjen Olahraga Depdiknas Direktorat Olahraga Masyarakat.
Depdiknas (2003) PAKEM di Taman Kanak-kanak. Jakarta, Dirjen Mendikdasmen, Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.
Depdiknas. (2003). Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (life skill) Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta.
Depdiknas. (2008). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas (2008) Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Decaprio, R. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Endang Rini Sukamti. 2007. Pelatihan Senam Artistik Dasar Untuk Guru. Jakarta: PT Indeks
Goodway, JD., Ozmun, JC., & Gallahue, DL. (2019). Understanding Motor Development: Infant, Children, Adolescents, Adults. Eights Edition
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (2001). Measurement and evaluation inteaching. NewYork: Macmillan Publishing.
Hibana, S Rahman. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Pres.
Hurloch, Elizabet (2010). Perkembangan anak, jilid 2; alih bahasa Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga
Latif, Mukhtar, dkk., Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).
Maddaleno, Matilde dan Francisca Infante. (2004) Life Skills Approach toChild and Adolescent Healthy. USA: Pan American Health Organization.
Mursid, Belajar dan Pembelajaran PAUD,(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015).
Nurani Yuliani (2011) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Rachmawati, Y dan Kurniati, E (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Stodden, DF., et.al. (2009). A Developmental Perspec-tive on the Role of Motor Skill Competence in Physical Activity: An Emergent Relationship.
Sujiono, Yuliani Nuraini, dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Www. Google. Com. Widya Ayu Puspita. Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Anak Usia Dini. 2011. Diunduh pada tanggal 3 Oktober 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional