Stimulasi Perkembangan Anak dengan Memanfaatkan Barang Bekas di Era New Normal

Yuniatari Yuniatari, Suyadi Suyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan puzzle jam yang dibuat dari barang bekas dapat menstimulasi perkembangan anak di era new normal. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi partisipan pada warga yang tinggal di Perumahan Graha Kencana Blok RR no. 12 dengan subjek penelitian ada 3 anak yang berusia 5-6 Tahun dan 2 orang tua yang mendampingi anak bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan puzzle jam yang terbuat dari barang bekas dapat menstimulasi perkembangan anak di era new normal, baik perkembangan kognitif, fisik motorik, sosial emosional, bahasa, moral agama, seni dan kreativitas anak. Permainan ini mudah dimainkan oleh anak, baik dengan pendampingan maupun dilakukan secara mandiri.

Keywords


Stimulasi Perkembangan Anak, Barang Bekas, Puzzle Jam, Era New Normal

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). "Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Anggraini, D. (2018). "Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dengan Barang Bekas untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan", Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). "Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Bustan, R., Nurfadilah, N., & Fitria, N. (2017). "Pelatihan Optimalisai Tumbuh Kembang Anak pada Orangtua Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(3), 274. https://doi.org/10.36722/sh.v3i3.214

Evans, J. L. (2007). Parenting Programmes : An Important ECD Intervention Strategy. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Haryono, Sarah Emmanuel; Anggraini, H. M. S. (2017). "Pengembangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini dari Bahan Bekas." Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang, 5(1), 470–472.

Hasiana, I. A. I. A. dan A. F. (2020). "Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini Di Desa Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto." Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(1), 29–34.

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2017). "Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Revolusi Industri 4.0." ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 15–28.

Institute of Medicine and National Research Council of the National Academies. (2015). Child development and early learning. In Transforming the Workforce for Children Birth Through Age 8: A Unifying Foundation.

Isbaniah, F. (2020). "Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19)." Germas, 110–115.

Ismawati, P. (2016). Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Puzzle Jam” terhadap Kemampuan Kognitif “Mengenal Lambang Bilangan.” Jurnal Program Studi PGRA, 2(1), 200–207.

Jannah, Alfi Roihatul; Lestariningrum, A. (2018). "Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Injak Ekor." Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 1–6.

Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2020). Analisis Data Covid 19. https://covid19.go.id/

Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). "Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun." Prosiding, SINTESA, November, 539–546.

Marui, K. (1952). "The Role of Parents in the Education of Children." Psychiatry and Clinical Neurosciences, 6(3), 221–230. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1440-1819.1952.tb01331.x

Mega, N., Saputra, A., & Muharammah, N. W. (2020). "Peran Layanan Bimbingan dan Konseling sebagai Internalisasi Kemampuan Adaptasi Peserta Didik pada Era New Normal." Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), 75–79. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/83

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). "Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak." Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Muloke, I., Ismanto, A., & Bataha, Y. (2017). "Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan." Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1).

Prabowo, Ari. (2017). "Pentingnya Berkisah Al-Qur'an dan Sunnah bagi Anak Usia Dini." Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. Volume 2, August 2017.

RI, K. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rohayani, F. (2020). "Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa." Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310

Rohita, R. (2020). "Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah: Analisis pada Pelaksanaan Peran Orangtua di Rumah." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.528

Sary, Y. N. E. (2020). "Cara Asuh Nenek pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 327. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.585

Tanjung, Nurmiati; Efastri, S. M. (2019). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Bermain Puzzle Jam Anak Usia 4-5 tahun di PAUD Generasi Bangsa Pekanbaru." PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2496

United Nations. (2020). Impact of The COVID-19 Pandemic on Trade and Development.

Utami, D. T. (2018). "Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun." Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2258

Wigati, M., & Wiyani, N. A. (2020). "Kreativitas Guru dalam Membuat Alat Permainan Edukatif dari Barang Bekas." As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 43. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2700

Winata, W., Fitriawaty, D., Hasanah, W., & Octavianti, D. (2019). "Alat Permainan Edukatif dari Barang Bekas." Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September, 1–5. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). "Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Utami, Yuliza Putri & Derius Alan Dheri Cahyono. (2020). "Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring". Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 2(2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional