Manajemen Program Pembiasaan bagi Anak di PAUD Banyu Belik Purwokerto
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan proses manajemen program pembiasaan sebagai upaya untuk membentuk karakter anak usia dini di PAUD Banyu Belik Purwokerto. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik analisis data secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada empat langkah yang dilakukan dalam manajemen program pembiasaan bagi anak usia dini di PAUD Banyu Belik. Pertama, merencanaan program pembiasaan. Kedua, mengorganisasikan program pembiasaan. Ketiga, melaksanakan program pembiasaan. Keempat, mendiagnosa masalah dalam pelaksanaan program pembiasaan untuk membentuk karakter anak usia dini. Pada dasarnya manajemen program pembiasaan ditujukan untuk membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. Dengan karakter mandiri tersebut anak akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikana tugas-tugas perkembangannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul Majid dan Dian Andayani. (2013). Pendidikan Karakter Islami. Rosda.
Aulia Chandra Sari, Triani Yulianawati. (2017). Sedekah Sebagai Media Pendidikan Berkarakter Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Jurnal Thufula IAIN Kudus, 5(1), 81–101. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2409
Bustanul Yuliani. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. Jurnal al Athfal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2(1), 91–104.
Fadli, F.-. (2019). METODE PRAKTEK DALAM MEMPERKENALKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI PAUD MAWAR TASIKREJO PEMALANG. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 121. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4938
Fifi Nofiaturrahmah. (2017). Pendidikan Karakter yang Menyenangkan (Studi di PAUD Shofa Azzahro). 5(1), 181–203. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2357
Haidar Nashir. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Multi Presindo.
Hamid Samiaji. (2019). Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan). Jurnal Thufula IAIN Kudus, 7(2), 295–308. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.6490
Hartono. (2011). Pendidikan Integratif. STAIN Press.
Krisdaniastutik, F., & Hadi, N. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER (CHARACTER BUILDING) MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK USIA DINI. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(2), 185. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2196
Kristiawan, M., & Fitria, H. (2018). MENUMBUHKAN RASA CINTA KEPADA ALLAH DAN MAHLUKNYA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(2), 248. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i2.5216
Lexy J. Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda.
M. Nailash Shofa. (2017). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Thufula IAIN Kudus, 5(1), 64–80. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2408
Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.
Nadlifah. (2017). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Holistik Integratif di Paud Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta. Jurnal al Athfal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 3(1), 27–36.
Sabiati, A. (2018). Penanaman ahlaqul karimah melalui metode pembiasaan dalam pengembangan sosial emosional bagi anak usia dini di raudhatul athfal falahul mukminin 01 pandaan kec. Pabelan kab. Semarang. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 128. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.5291
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional