Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan)
Abstract
Tulisan ini mencoba untuk mendiagnosa perkembangan karakter mandiri dan jujur terutama di lingkungan pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan karakter mandiri dan jujur di Kelompok Bermain Wadas Kelir Purwokerto Selatan beserta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Berdasarkan pada sasarannya, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dalam konteks (case study research). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perkembangan karakter kemandiri dan kejujujuran anak di Kelompok Bermain Wadas Kelir Purwokerto Selatan sudah bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan perkembangannya. Hal ini ditunjukkan dengan; (1) perkembangan karakter kemandirian makan dan minum sendiri;) perkembangan karakter kemandirian memakai pakaian dan sepatu sendiri; perkembangan karakter kemandirian merawat dirinya; perkembangan karakter kemandirian memilih aktivitas yang disukai; perkembangan karakter kemandirian tidak ditunggui oleh orang tua di sekolah; dan perkembangan karakter kemandirian merapikan mainan setelah selesai bermain. (2) perkembangan karakter jujur mau mengantri, mau mengakui kesalahan, dan menghargai keunggulan orang lain.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Mulyasa. 2012. Managemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Grup.
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190315213729-12-377758/kpk-tetapkan-romi-tersangka-jual-beli-jabatan-di-kemenag diakses pada 3 April 2019 pukul 15.22 WIB
Syafarudin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.
Tantri, dkk. 2006. Membuat Prioritas Membuat Anak Mandiri. Yogyakarta: Kanisius.
Kesuma, Darma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Rosda Karya.
Laura, E. Berk. 1999. Infants, Children and Adolescents. Boston: Allyn and Bacon.
Robert K. Yin. 2011. Studi Kasus: Desain dan Metode. Terj. M. djuzi Mudzakir. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Robert E. Stake. “Studi Kasus” dalam K. Denzin, Norman dan Yvonna S. Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i2.6490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional