Kreasi Lagu Anak Berbahasa Inggris (Nursery Rhymes) sebagai Media untuk Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini
Abstract
Artikel ini membahas tentang pentingnya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini melalui kreasi dan modifikasi lagu-lagu anak berbahasa Inggris (nursery ryhmes) dan kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pada analisis deskriptif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil menunjukkan bahwa kreasi lagu-lagu anak berbahasa Inggris sangat berguna sebagai media untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak-anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kudus. Dengan menyanyikan lagu-lagu anak berbahasa Inggris, anak-anak merasa lebih tertarik dan semangat dalam belajar bahasa Inggris. Mereka merasa lebih santai karena belajar kosa kata bahasa Inggris sambil bernyanyi, mereka tidak merasa tertekan (stress) pada saat pembelajaran di kelas. Melalui bernyanyi, perkembangan anak dapat terstimulasi dengan maksimal seperti fisik-motorik, sosial, emosional, dan intelektual. Adapun kendala-kendala selama pembelajaran meliputi terbatasnya daya perhatian dan konsentrasi anak terhadap guru ketika mengajar bahasa Inggris, terbatasnya wawasan dan pengetahuan yang luas dari guru-guru di KB dan TK tentang pengajaran bahasa Inggris, terbatasnya sarana penunjang dan fasilitas dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Brodin, J. & Renblad, K. (2019). Improvement of preschool children’s speech and language skills, Early Child Development and Care, DOI: 10.1080/03004430.2018.1564917
Damar, E. A., Gursoy, E., & Korkmaz, S. C. (2013).Teaching English to Young Learners: Through the Eyes of EFL Teacher Trainers. International Association of Research in Foreign Language Education and Applied Linguistics ELT Research Journal, 2(3), 95 - 110
Ghanbari, F., & Hashemian, M. (2014). The effects of English songs on young learners’ listening comprehension & pronunciation. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW), 6 (3), 367-375.
Hery, I. S., Nair, S. M., & Krishnasamy, H. N. (2016). Optimizing Nursery Rhymes to Promote Interests towards Learning English among Young Learners in Indonesia, Behavioural Science, 17(1), 1-14
Harper, L. J. (2011). Nursery rhyme knowledge and phonological awareness in preschool children. The Journal of Language and Literacy Education, 7(1), 65-78.
Jeroen J. H. Dekker & Inge J. M. Wichgers. (2018). The embodiment of teaching the regulation of emotions in early modern Europe, Paedagogica Historica, 54 (2), 48-65, DOI:10.1080/00309230.2017.1397713
Klein, L. &Knitzer, J. (2006). Pathways to early school success, Effective preschool curricula and Teaching Strategies, Columbia: The National Center for Children in Poverty (NCCP) Columbia University.
Liakopoulou, M. (2011). The Professional Competence of Teachers : Which qualities attitutes, skills and knowledge contribute to a teacher ’ s effectiveness ?, International Journal of Humanities and Social Science. 1(21), 66–78.
Lonigan, C. J., Burgess, S. R., & Anthony, J. L. (2000). Development of emergent literacy and early reading skills in preschool children: Evidence from a latent-variable longitudinal study, Developmental Psychology, 36 (5), 596-613.
Mustafa, M. C. & Ahmad, M. (2017). Effective Interaction Strategies In Teaching And Learning of English For Preschool Children, International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6 (4), 2226-6348
O’ Connell, J.(2009). Preschool English Learners, Principles and Practices to Promote Language, Literacy, and Learning. A Resource Guide Second Edition, California: California Department of Education Sacramento
Pourkalhor, O. & Tavakoli, M. (2017). Nursery Rhymes and Language Learning: Issues and Pedagogical Implications, International Journal of English Language & Translation Studies. 5(1), 111-116.
Parlakian, Rebecca dan Lerner, Claire. (2010). Beyond Twinkle, Twinkle Using Music with Infants and Toddlers. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2018 dari: http://www.naeyc.org/files/yc/file/201003/ParlakianWe b0310.pdf
Santovac, D. P. (2015). Making the Match: Traditional Nursery Rhymes and Teaching English to Modern Children, CLELEjournal, 3 (1), 25-48
Taylor, dkk. (2012). Music and Movement for Young Children’s Healthy Development, Dimensions of Early Childhood, 40 (2), 33-40.
Wahyuningsih, S. (2017). Lagu Anak Sebagai Media Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Thufula, 5 (1), 150-180
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i2.4998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional