Nilai-Nilai Estetika dalam Penataan Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Kudus

Riza Zahriyal Falah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan berupa pemahaman guru pendidikan anak usia dini di kabupaten Kudus tentang pemikiran estetika dalam pendidikan, penerapan nilai-nilai estetika dalam lingkungan pendidikan anak usia dini di kabupaten kudus, dan hambatannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan/responden yang menjadi subyek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang guru dari 5 lembaga pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman guru terhadap kajian aksiologi, utamanya estetika. Namun begitu, dalam praktik penataan lingkungan, para guru sudah melakukan penataan berdasarkan prinsip-prinsip estetika, antar lain karena adanya kegiatan perkumpulan gugus sekolah, dan secara otodidak belajar melalui media sosial dan internet. Penerapan nilai estetika dalam penataan lingkungan pendidikan ditunjukkan dengan pemilihan warna cerah untuk pengecatan dinding, pintu, pagar, wahana bermain, dan lain-lain. Warna yang digunakan tidak hanya satu warna saja, namun memadukan banyak warna. Kemudian hiasan di dalam dan di luar kelas dibuat dengan semenarik mungkin, baik berbentuk hiasan tempel maupun gantung. Hiasan ini ada bersifat hiasan saja, ada yang disesuaikan dengan tema pembelajaran. keamanan terhadap lingkungan belajar juga diperhatikan dengan penggunaan meja, kursi, lemari, dan papan tulis yang disesuaikan dengan tubuh siswa. Hambatan yang muncul dalam penerapan nilai estetika di lingkungan pendidikan antara lain karena ketiadaan/kurangnya biaya. Kemudian rasio guru dan siswa yang melebihi standar.


Keywords


Estetika; Penataan Lingkungan; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdiyaningrum, Ibu Ikawati. “Wawancara.” Kudus, 2018.

Chandrawati, Yufiarti dan Titi. ProfesionalItas Guru PAUD. Tangerang: Universitas Terbuka, 2016.

Creswell, John W. Qualitative Inquiry & Research Design. New York: SAGE Publication, 2013.

———. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th ed. New York: SAGE Publication, 2014.

Daryanto. Pengelolaan Budaya Dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2015.

Dkk, R. Mariyana. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2010.

Endang, Ibu. “Wawancara.” Kudus, 2018.

Hariyani, Ibu Iis. “Wawancara.” Kudus, 2018.

Kebudayaan, Menteri Pendidikan dan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia Dini, Pub. L. No. 137 (2014).

Knight, George R. Filsafat Pendidikan. Edited by Mahmud Arief. 1st ed. Yogyakarta: Gama Media, 2007.

Mohammad, Ali. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: Imtima, 2009.

Mu’awanah, Ibu. “Wawancara.” Kudus, 2018.

Nasional, Menteri Pendidikan. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 16 TAHUN 2007 TANGGAL 4 MEI 2007 (2007).

Nidhom, Ibu Nailun. “Wawancara.” Kudus, 2018.

Nurmiyati, Ibu. “Wawancara.” Kudus, 2018.

Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: DIVA Press, 2013.

Rahmawati, Lia Fitri. “Wawancara.” Kudus, 2018.

Sanan, Martinis Yamin dan Jamilah Sabri. Panduan Pendidikan Anak Ussia Dini PAUD. Jakarta: GP Press, 2010.

Sari, Sriti Mayang. “Peran Warna Interior Terhadap Perkembangan Dan Pendidikan Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Desain Interior 2, no. 1 (2004): 22–36.

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks, 2012.

Sumiah, Ibu. “Wawancara.” Kudus, 2018.

Suyadi. Manajemen PAUD: TPA-KB-TK-RA Mendirikan, Mengelola, Dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Suyanto, Slmet. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2005.

Wardhani, Ibu Lilis Rahayu. “Wawancara.” Kudus, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional