Sistem Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Anak-anak Yanbu’ Alqur’an Kudus Jawa Tengah
Abstract
The paper of research institutional traditional system (pesantren) for
childern age 6-12 Th in Yanbu’ Al-Qur’an Kudus Central Java. The fist program
is memorization of the Qur’an 30 juz, and learning is basic shool (MI) madrasa
tahfiz al-Qur’an. Educational Islamic system in institutional traditional include of
teacher, students (santri), materials or curriculum, methods of memorization of
al-Qur’an, and insfastructure and environment education is dominant factor in
succesfull system education especially in pesantren.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Mukti Ali, Pelbagai Persoalan Islam di Indonesia Dewasa ini, Yogyakarta :
Yayasan Nida, Cet. II, 1971.
Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam Pemeliharaan
Kesehatan Jiwa Anak, Terj. Khalilullah A.Masykur Hakim, Bandung :
Remaja Rosda Karya.
Ali al-Jumbulati, Perbandingan Pendidikan Islam, Terj. H.M. Arifin, Jakarta :
Rineka Cipta, 1994.
Agus Sujanto, Psikologi perkembangan, Jakarta : Bumi Aksara, 1980.
Ahsin W. al-hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an, Jakarta: Bumi
Aksara, 1994.
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium
Baru, Jakarta: Logos, 1999.
Clifford Geertz, Abangan, Santri, Priyayi Dalam Masyarakat Jawa, alih bahasa
Mahasin, Jakarta, Pustaka Jaya, Cet. III, 1989.
Lexy.j.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung : Remaja Rosda
Karya, Cet. XIV, 2001.
Ibnu Hajar, Dasar-dasar Metodologi Pembahasan Kuantitaif dalam Pendidikan,
Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996, h.125. Lihat juga Lexy Moleong.
Manfred Ziemek, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta : P3M, Cet. I,
Nurcholis Madjid, Islam, Kemodernan dan Keindonesiaan , Bandung : Mizan,
Cet I, 1987.
Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif , Yokyakarta : Rake Sarasin,
Cet. VIII, 1998.
Suharsimi Arikunto, Penilaian Program Pendidikan , Yogyakarta : Bina
Aksara, 1988.
Parsudi Suparlan, Pengantar Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, dalam
majalah Media Edisi 14 tahun III, Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN
Walisongo, 1993.
Yusuf Enoch, Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan , Jakarta : Bumi Aksara,
Hasan Waluyo, petunjuk pelaksanaan Kurikulum Taman Kanak-kanak
(Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan RI, Cet I 1987/1988
Vol. 3 | No. 2 | Juli-Desember 2015
Sistem Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Anak-Anak Yanbu’ Al-Qur’an Kudus Jawa Tengah
Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak Edisi Anak 6 (Jakarta: Erlangga,
Penj. Dr. Med. Meitasari Tjandrasa dan Dra. Muslikhah Zarkasih, Jilid
I, 1997).
H. A. R. Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Rineka Cipta,
Cet. I, 2000).
S. Nasutioin, Asas-asas Kurikulum, Bandung: pustaka, Cet.VI. 1982.
H.A, Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, Cet.I,
Soegarda Poerbakawatja, Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta : Gunung Agung,
Muhaimin Zein, tata cara/problematika Menghafal al-Qur’an dan Petunjukpetunjuknya
(Jakarta: Pustaka al-Husna, 1985.
Paul Henri Mussen, Child Development and Personalit, New York, Herperad
Row Publiser, Inc, 1984
Venna Hilde Brand, Introduction to Early Child Hard Education, New York,
Macmillan Publising 10 Inc, 1976.
Zaini Muhtarom, Santri dan Abangan di Jawa, Jakarta: Indonesian Netherlands
Cooperation Islamic Studies, Cet. I, 1986.
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup
Kyai, Jakarta: LP3ES, 1984.
Zuhairi, dkk, Metodik Khuus Pendidikan Agama dilengkapi dengan sistem
modal dan permainan simulasi (Surabaya: Usaha Nasional, 1983).
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v3i2.4735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional