Efektivitas Media Pom-Pom dalam Metode Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Usia 4-5 Tahun (Kelompok A)

Anita Kresna Waty

Abstract


Penelitian ini termotivasi dari rendahnya kemampuan siswa dalam berhitung karena kurangnya media dan metode pembelajaran yang tepat. Untuk melihat pengaruh penggunaan media dan metode pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa, peneliti menggunakan media pom-pom dalam metode bermain. Metode penelitian adalah eksperimen pree. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelompok desain pretest-posttest. Populasi penelitian semua siswa RA Baitussalam. Sampel adalah siswa kelompok A. Instrumen yang digunakan adalah tes lembar kerja anak, dan lembar observasi. Ini berdasarkan hasil Uji Hipotesis menggunakan t-test t hitung 3.88> t tabel 2,12. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pom-pom memiliki efek pada kemampuan menghitung awal anak. Karena penggunaan media dan metode pembelajaran yang menarik bagi anak akan memudahkan guru dalam mengaplikasikan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Selain itu, diharapkan bahwa guru RA / TK / PAUD menjadi lebih kreatif, inovatif dalam penggunaan media dan metode pembelajaran yang digunakan. Dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa.


Keywords


numeracy; play method; pom-pom media; t test

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, (2011). Perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagai Dalam berbagai aspeknya. Jakarta : Kencana Perdana Media Group

Anugrah, Tria. (2016). Efektivitas penerapan metode bermain angka melalui peggunaan media stick angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK elektrina. Skripsi Uninus: Tidak diterbitkan

Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran permainan berhitung permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta

Heliawati, Rina. (2015). Konsep dasar bermain dan permainan anak. Bandung: UNINUS

Jakni, S.Pd. (2016). Metodelogi penelitian ekspreimen bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta

Masganti Sit, Dr., M.Ag. (2017). Psikologi perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

M.Fadillah, M.Pd.I. (2017). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Jakarta: Kencana

Montolalu, B.E.F (2005). Bermain dan permainan anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Nada, Puspa. (2016). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui teknik mencetek di TK INDRI. Skripsi Upi: Tidak di terbitkan

NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Dipetik Februari 2018. Dari www.nctm.org

Permendikbud. (2014). Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Jakarta: Depdikbud

Sujiyono, Yulianti N, dkk, (2004). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Univeritas terbuka.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tani, Juliawati. (2017). Pengaruh metode proyek terhadap kemandirian anak di TKN Centeh. Skripsi Upi. Tidak diterbitkan




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional