Efektivitas Media Pom-Pom dalam Metode Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Usia 4-5 Tahun (Kelompok A)
Abstract
Penelitian ini termotivasi dari rendahnya kemampuan siswa dalam berhitung karena kurangnya media dan metode pembelajaran yang tepat. Untuk melihat pengaruh penggunaan media dan metode pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa, peneliti menggunakan media pom-pom dalam metode bermain. Metode penelitian adalah eksperimen pree. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelompok desain pretest-posttest. Populasi penelitian semua siswa RA Baitussalam. Sampel adalah siswa kelompok A. Instrumen yang digunakan adalah tes lembar kerja anak, dan lembar observasi. Ini berdasarkan hasil Uji Hipotesis menggunakan t-test t hitung 3.88> t tabel 2,12. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pom-pom memiliki efek pada kemampuan menghitung awal anak. Karena penggunaan media dan metode pembelajaran yang menarik bagi anak akan memudahkan guru dalam mengaplikasikan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Selain itu, diharapkan bahwa guru RA / TK / PAUD menjadi lebih kreatif, inovatif dalam penggunaan media dan metode pembelajaran yang digunakan. Dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto, (2011). Perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagai Dalam berbagai aspeknya. Jakarta : Kencana Perdana Media Group
Anugrah, Tria. (2016). Efektivitas penerapan metode bermain angka melalui peggunaan media stick angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK elektrina. Skripsi Uninus: Tidak diterbitkan
Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran permainan berhitung permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta
Heliawati, Rina. (2015). Konsep dasar bermain dan permainan anak. Bandung: UNINUS
Jakni, S.Pd. (2016). Metodelogi penelitian ekspreimen bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta
Masganti Sit, Dr., M.Ag. (2017). Psikologi perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
M.Fadillah, M.Pd.I. (2017). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Jakarta: Kencana
Montolalu, B.E.F (2005). Bermain dan permainan anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Nada, Puspa. (2016). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui teknik mencetek di TK INDRI. Skripsi Upi: Tidak di terbitkan
NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Dipetik Februari 2018. Dari www.nctm.org
Permendikbud. (2014). Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Jakarta: Depdikbud
Sujiyono, Yulianti N, dkk, (2004). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Univeritas terbuka.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tani, Juliawati. (2017). Pengaruh metode proyek terhadap kemandirian anak di TKN Centeh. Skripsi Upi. Tidak diterbitkan
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional