Pendidikan Berbasis Parenting Sebagai Simbiosis Peran Ganda Seorang Ibu (Kajian Fenomenologis Edmund Husserl)
Abstract
Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang eksistensi
lembaga pendidikan anak usia dini berbasis parenting, adanya peran
ganda seorang ibu yang diamati melalui fakta aktifitas manusia seharihari,
dan kesempatan orang tua dalam mendidik anaknya dengan baik
sejak dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan fenomenologi Edmund Husserl (1859-1938),
sedangkan metode pengumpulan data melalui sistem library research.
Adapun hasilnya adalah Model parenting yang diterapkan lembaga
pendidikan anak usia dini pada saat ini mayoritas cenderung hanya pada
ranah kognitif, peran ganda seorang ibu merupakan suatu tuntutan yang
tidak dapat dipungkiri dan kesempatan mendidik anak secara mandiri
mulai usia dini merupakan kewajiban permanen yang dimiliki oleh orang
tua.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Koster, Wayan. 2000. Pentingnya Pendidikan Budi Pekerti Dalam
Mengembangkan Kualitas SDM. STKIP Singaraja: Aneka Widya.
Wolfman, R.Brunetta. 1994. Peran Kaum Wanita. Yogyakarta: Kanisius.
Shaevitz, Marjorie Hansen. 1993. Wanita Super. Yogyakarta: Kanisius.
Irwan, Abdullah. 2001. Seks, Gender dan Reproduksi Kekuasaan,
Tarawang Press, Jogjakarta
eJournal Ilmu Sosiatri, Volume 2, Nomor 3, 2014
Ratih Dewayanti dan Erna Ermawati Chotim. 2004. Marjinalisasi
dan Eksploitasi Perempuan Usaha Mikro di Perdesaan Jawa, (Bandung: Yayasan AKATIGA.
Nawawi, Hadari H. 1998. Metode Peneltian Bidang Sosial, Yogyakarta: UGM Press.
Alifi. 1994. Pedoman Pelatihan Guru dan Asisten TK.
K. Bertens. 2002. Filsafat Barat Kontemporer Inggris-Jerman.
Semarang: Gramedia.
Verny & Kelly. 1981. The Secret Life of the Unborn Child.
Subiyono dan Hariono Awan. 2014. Pendidikan dan Pengembangan Iptekskoren Berbasis Alam Bawah Sadar.
Iklima. 2014. Peran wanita karir dalam melaksanakan fungsi keluarga (Studi Kasus PNS wanita yang telah berkeluarga di Balai kota bagian Humas dan Protokol Samarinda), dalam jurnal ilmu sosiatri.
http://plpg.undiksha.ac.id/uploaded/content/Modul%20PAUD.pdf
http://trinitypreschoolsc.org/wpcontent/uploads/Active_Learning_The_Way_Children_Construct_Knowledge-1.pdf
http://unesdoc.unesco.org/images/0014/001474/147461e.pdf
http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permen64-2012BantuanUsiaDini.pdf
http://pkgpaudjatinangor.blogspot.co.id/2013/04/dasarpenyelenggaraan-pendidikan-taman.html
http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/PP17-2010Lengkap.pdf
www.kompasiana.com
Maria Hartiningsih, Kompas 12 Juni 2011
www.Jurnalperempuan.com
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional