Learning Strategies of Local Cultural Literacy in Early Chidhood
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411
Amalia, A., Baharun, H., Rahman, F., & Maryam, S. (2022). Enhancement School Competitiveness Through A Literacy Culture Based on Local Wisdom. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2325–2333. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2094
Amalia, R., & AH, N. M. (2019). Peran Orang Tua dalam Pengenalan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 223. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5638
Arum, R. P., Zarkasih Putro, K., Jatmiko, A., & Na’imah. (2022). Strategies to Improve Oral Communication Ability through Early Children’s Show and Tell Method. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.14421/joyced.2022.21-01
Baharun, H., & Rizqiyah, L. (2020). Melejitkan Ghiroh Belajar Santri Melalui Budaya Literasi di Pesantren. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 108. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3048
Basyiroh. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Dahliana, Racman, A., & Aslamiah. (2020). Development of Literacy Through a Combination Picture and Picture Learning Models, Singing Methods and Scondhand Material. Journal of K6 Education and Management, 3(1), 90–99. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.01.12
Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
Ediyono, S., & Alfiati, A. (2019). Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak. Jurnal Psikologi, Prasekolah Melalui Program Stimulasi, 44(33), 177. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Khairil, Siregar, F. S., & Edy, S. (2020). Budaya Literasi Anak Melalui Cerita Rakyat Sumatera Utara Di Kampung Nelayan Seberang. Prodikmas; Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 52–60.
Kurnianto, A. M., Indrianti, D. T., & Ariefianto, L. (2020). Peran Sanggar Seni Pemuda Edi Peni Dalam Pelestarian Budaya Lokal Di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 59. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16803
La Hewi. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 112–124.
Lexy J, M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rodaskarya.
Liza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2214
Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916
Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851
Norita, E., & Hadiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 561–570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598
Nurwahidah, L. S. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Potensi Lokal Untuk Pengembangan Kearifan Lokal Dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan. CARAKA: “Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia & Bahasa Daerah STKIP-Garut, 6(2), 1–10. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caraka/article/view/83
Oktavia, D., Elbas, C. R., Irwansyah, K. M. S. A., Sartika, R., & Cania, E. (2022). Pelatihan Literasi pada Masyarakat Desa Renah Jelmu : Kampung Literasi Anak Negeri. Jurnal Indonesia Berdaya, 4(2), 501–506. https://doi.org/https://doi.org./10.47679/ib.2023422
Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2017). Literasi Dini dengan Teknik Bercerita. Jurnal FamilyEdu, 3(1), 20–28.
Rachman, Y. A., & Azizah, F. N. (2022). Literasi Budaya Berbasis Kearifan Lokal sebagai Aktivitas untuk Menurunkan Screen Time pada Anak Usia Dini. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 6, 67–74. http://conference.uin-suka.ac.id/ index.php/aciece
Samsiyah, N. (2019). Internalisasi Literasi Sastra Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menanamkan Karakter Siswa Sd. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 204–208. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12892
Shomiyatun. (2019). Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Anak Pada Budaya Lokal. Qurroti : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.36768/qurroti.v1i2.43
Sufiati, V., & Paramita, M. V. A. (2021). Bagaimana Literasi Dini dengan Cerita Sebelum Tidur? Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 10. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.32837
Tabroni, I., Hardianty, D., Purnama Sari, R., & EZ Muttaqien Purwakarta, S. K. (2022). The Importance of Early Childhood Education in Building Social and Emotional Intelligence in Children. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(3), 1219–1226. https://journal.yp3a.org/index.php/mudima/index
Triwardhani, I. J., Mulyani, D., & Pratama, R. (2023). Literasi Budaya Lokal bagi Anak di Desa Jatisura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1818–1827. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3962
Wahab, I. (2019). Identifikasi Cerita Anak Berbasis Budaya Lokal Untuk Membudayakan Literasi Di Sd. Satya Widya, 35(2), 176–185. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p176-185
Widodo, A., Anar, A. P., Nursaptini, N., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). The Role of Community Education in Improving the Literacy of Elementary School Children: a Case Study of Small Group Reading Community in Central Lombok. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 615–623. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i5.8053
Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(1), 53–60. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8437
Zakaria, Z. (2020). Etnopedagogi Tradisi Palang Pintu Pada Etnis Betawi Sebagai Bentuk Pembelajaran Literasi Dini. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan …, 3. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/147
ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v11i2.21350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional