Pengembangan Website Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Isnaini Kusuma Wardani, Bambang Ismanto, Bambang Suteng Sulasmono

Abstract


Penerapan website dalam penilaian kinerja guru dilakukan untuk meningkatkan obyektivitas, validitas, realibilitas, efisiensi dan efektivitas manajemen sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun  aplikasi website penilaian kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal) Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development dengan model penelitian pengembangan Sugiyono, meliputi tujuh langkah penelitian, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Sebagai model pengembangan produk menggunakan System Development Life Cycle Waterfall Model. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen, dan kuesioner. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan validasi data menggunakan triangulasi data.  Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi PKG PAUD berbasis website dimana berdasarkan hasil validasi ahli, aplikasi PKG PAUD berbasis website ini layak digunakan. Sedangkan kuesioner hasil uji coba produk di lapangan oleh lima orang kepala sekolah PAUD IGABA, produk mendapatkan skor 4,6 yang berari bahwa produk tersebut sangat baik dan bermanfaat serta meningkatkat efektifitas kinerja kepala sekolah dalam pelaksanaan PKG.  

Keywords


Penilaian kinerja guru PAUD; website; pengembangan

References


Dewi, Iratna. Dkk. (2020). “Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Paud di PAUD Al Azhar Bukittinggi”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4.

Darsinah (2012), “Pengembangan Model Instrumen Penilaian Kinerja Guru TK”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 29, Nomor 1.

Erwandi, Deny, dkk. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Weight Product (Studi Kasus:Madrasah Ibtidaiyah Condong). Jurnal Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 8 – 9 Maret 2018.

Jannah, Wardatul, dkk. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Belajar berbasis WEB (Studi Kasus Lembaga Bimbingan Belajar TADICA). Jurnal Informatika Mulawarman. Vol. 10 No. 1.

Mangkuprawiro, S. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta Selatan. Galia Indonesia

Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mumpuni, Natalia Dewi. (2019). Model Manajemen Pembelajaran Online Pada Pendidikan dan Pelatihan Guru Pendamping Muda PAUD. Jurnal Manajemen Pendidikan.Volume 6 No.2.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2009). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 16, Tahun 2009, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Purba, B.J, Rezky, Mustika, Irawan. 2013. Rancang Bangun system Penilaian Kinerja Guru Berbasis Aplikasi Web. Jurnal Sains dan semi Pomits. Volume 2, Nomor 1.

Pressman. R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Mendekati Praktisi. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Zahroh, Mas Ning. (2017). Evaluasi Kinerja Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur. Jurnal Visipena Volume 8 Nomor 2, Desember 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional