Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kognitif Pengenalan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini
Abstract
Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang lebih menekankan pada kemampuan intelektual manusia. Perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenaliKonsep bilangan yaitu: 1) menghitung dan memanggil urutan 1-10. 2) menghitung 1-10 dengan menunjukkan objek. 3) menunjukkan urutan angka 1-10 dengan objek. 4)hubungkan atau pasangkan simbol angka 1-10 dengan objek. 5) menunjukkan dua set yang sama, tidak sama, lebih banyak, dan lebih sedikit. Media pembelajaran buku sibuk adalah buku yang terbuat dari kain dan berisi aktivitas permainan sederhana yang dirancang secara kreatif sebagai alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep di TK Thoyyibah kemampuan anak dalam berhitung menggingat kemampuan anak di TK Thoyyiban belum berkembang sesuai STTPA (Setandar Tingkat Perkembangan Anak). penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu: Sekelompok anak di Tk Thoyyibah. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan mengenali kognitif. Konsep bilangan melalui media pembelajaran buku sibuk menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep angka di TK Thoyyibah setelah belajar mengenal konsep bilangan mengunakan media busy book untuk media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
ahmad susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Rineka Ciptra.
Azra Aulia Ulfah. (n.d.). “Pembuatan Dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk Anak Usia Dini Di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, vol, 6. No, 6.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Depdiknas. (2007a). Permainan Berhitung di Taman kanak-Kanak. depdiknas.
Depdiknas. (2007b). Permainan Berhitung di Taman kanak-Kanak. depdiknas.
Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2019). Pengembangan Permainan Smart Adventure Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 59–66. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.6
Ecular, M. O. L., Ulation, S. I. M., The, O. N., Characteristics, D. I., Uene, T. O. L., Reactants, D. I., Ucts, P., The, I. N., Of, C., Series, Z. S. M., & Ites, Z. (2010). , †¤ 1 , ¡¡ ”› 2 100083). 8719(2006).
Emung Fatih. (2006). Psikologi Perkembangan Peserta didik. Pustaka Setia Bandung.
Gaiti, F. (2014). Mainan Edukasi dari Flanel. In Tiara Aksa.
H. E. Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.
Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, vol, 1 No., 217–266.
John W. Santrok. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.
M. Fadhilah. (2012). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini.
Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa, V(May), 146–155.
Nurfadillah, R. R., & Rakhman, A. (2020). IMPLEMENTASI METODE STEAM BERBASIS MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. 3(3), 266–274.
Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 229.
Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. (2008). Metode Pengembangan Kogniti. Universitas Terbuka.
Wasik, sefeel. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional