Persepsi Anggota Non Muslim Terhadap Pemasaran Syariah di KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang

Siti Rofik Atus Sa'diyah, Wahibur Rokhman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi anggota non muslim terhadap pemasaran Islam yang diterapkan Koperasi Simpan Pinjam dan pembiayaan Syariah (KSPPS) Ki Ageng Pandanaran Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif.  Sumber data penelitian ini wawancara dengan lima  anggota non muslim yang menggunakan berbagai produk jasa dan nara sumber dari dua orang pengelola  KSPPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran Islam sangat mendorong minat masyarakat non muslim dalam bergabung menjadi anggota. Pemasaran Islam yang ditawarkan antara lain: kesuaian produk-produk yang ditawarkan dengan kebutuhan anggota,  akad yang diterapkan secara terbuka dan adil, sikap jujur, transparan, serta  memberikan pelayanan yang baik di KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang. Penelitian ini memiliki kontribusi praktis bagi manajerial lembaga keuangan mikro syariah dalam memperluas pasar tidak hanya dari kalangan muslim tetapi juga non muslim.

Keywords


Pemasaran Islam, Anggota Non Muslim, Persepsi Anggota

Full Text:

PDF

References


Abdi, M.K dan Febriyanti, N (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. el-Qisṭ: Journal of Islamic Economics and Business, 10(2), 60-70

Al Arif, M. N (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta, Bandung.

Alma, B dan Priansa (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta, Bandung.

Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah, Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 2, no.1: 56.

Atmoko, T. P. H (2018). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Jurnal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83 – 96.

Hasil wawancara dengan Bapak Maryono (Manajer Utama) pada tanggal 19 Oktober 2020 pukul 08.00 WIB.

Hasil wawancara dengan Ibu Sri Lestari (Staff Pemasaran) pada tanggal 19 Oktober 2020 pukul 09.30 WIB.

Hasil wawancara dengan Ibu Sri Lestari (Staff Pemasaran) dan anggota non muslim pada tanggal 19-20 Oktober 2020 pukul 09.30 WIB-Selesai.

Hasil wawancara dengan Ibu Ani Fariyati (Anggota Non Muslim) pada tanggal 23 November 2020 pukul 08.30 WIB.

Hasil wawancara dengan Ibu I Lies Ismawati H (Anggota Non Muslim) pada tanggal 23 November 2020 pukul 09.00 WIB.

Hasil wawancara dengan Bapak Doni (Anggota Non Muslim) pada tanggal 23 November 2020 pukul 09.30 WIB.

Hasil wawancara dengan Ibu Maria Jumiati (Anggota Non Muslim) pada tanggal 23 November 2020 pukul 10.00 WIB.

Hasil wawancara dengan Ibu Sri Rejeki Suhartono (Anggota Non Muslim) pada tanmggal 23 November 2020 pukul 10.30 WIB.

Hendra, T (2016). Pembangunan Ekonomi Islam dengan Pengembangan Koperasi Syari’ah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam 1, no. 1 : 114.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (1st ed.). Boston: Pearson Education Limited.

Krake, F. B. G. J. M. (2005). Successful brand management in SMEs: a new theory and practical hints. Journal of Product & Brand Management, 14(4), 228–238.

Latifah, E dan Devi A. (2020). Strategi Sharia’ Marketing Pick Up Service Koperasi Syariah TKI Artha Mulya Lamongan. Jurnal Pamator 13, no. 1: 156.

Leli, M (2019). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam.” Jurnal At-Tasyri’iy, 2, no.1 :34-36.

Idrus. M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. PT Gelora Aksara Pratama, Yogyakarta.

Muali, C dan Khoirun, N. ( 2019). Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. Jurnal Ekonomi Syariah 05, no. 02: 174.

Mubarok, N dan Eriza, Y, M (2017). Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista. I-Economic 3, no. 1

Mujahidin, A dan Ifa, K (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro, Prosiding Seminar Nasional Unimus 2: 288.

Nugrahaini, F (2014). Metode Penelitian Kualitatif: dalam penelitian pendidikan bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Paradikma, G (2019). Persepsi Mahasiswa KKI IAIN Samarinda terhadap Implementasi Islam Moderat. Tarbiyah Wa Ta’lim Jurnal Penelitian Pendidikan&Pembelajaran 6, no. 1: 15.

Roy, S, E., Syaiful M, dan Pratiwi, I, E. (2020) . Persepsi Masyarakat terhadap Bank Syariah (Studi Kasus : Masyarakat Distrik Abepura),” El Mudhorib : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah 1, no. 1: 50.

Sahla, H. (2019). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan. 5(2), 57 - 61

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Sula, M. S., dan Kartajaya, H (2006) Syariah Marketing. Mizan Pustaka.

Syafrina, N dan Sudarmin Manik. S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Non Muslim Menabung di PT. Bank Syariah Mandiri, JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) 3, no. 1: 64.

Vinna. S. Y. ( 2019)Perilaku Konsumen. Bandung: Pustaka Setia, 2015. (dikutip dalam Skripsi Anggun Triana Sari, “Pandangan Nasabah Non Muslim terhadap Prinsip Bagi Hasil Bank Syariah”, : 11-12.

Wibowo, A. dan Hariyati, N (2020). Pengaruh Budaya dan Persepsi Masyarakat Non Muslim terhadap Keputusan menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bengkalis,” JPS (Jurnal Perbankan Syariah) 1, no.1: 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/malia.v5i2.11925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

images

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpg