EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI LITERASI SAINTIFIK
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Corebima, Aloysius Duran. (2016). Pembelajaran biologi di indonesia bukan untuk hidup. Dalam Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 8-22. Tersedia http://bit.ly/2T0Nu2M [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Cronbach, Lee J. (1951). Coefficient alpha and the internal structure of tests. Psychometrika, 16: 297–334. Tersedia http://bit.ly/2T0K2VX [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Dinata, Anita Nurlela. (2018). The influence of field trip on high school student's scientific literacy and attitude towards science in ecosystem concept. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1): 8-13. Tersedia http://bit.ly/2JlTwf0 [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Eisenkraft, Arthur. (2003). Expanding the 5e model: a proposed 7e model emphasizes “transfer of learning” and the importance of eliciting prior understanding. The Science Teacher, 70(6): 56-59. Tersedia http://bit.ly/2Cibjxs [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Fatimah, Fitri Mur, & Anggrisia, Nur Fitria. (2019). The effectiveness of 7e learning model to improve scientific literacy. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 277: 18-22. Tersedia http://bit.ly/2J8wh7Q [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Fraenkel, Jack R. & Wallen, Norman E. (2009). How to design and evaluate research in education (7th ed.). New York. McGraw-Hill Companies. Tersedia http://bit.ly/2O3m6jP [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Kemdikbud, (2018). Indonesia development forum 2018: terobosan dalam mengatasi kesenjangan tingkat regional. kemdikbud.go.id, 12 Juli. Tersedia http://bit.ly/2VVr7xv [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Marcharis, Dita Alawiyah. (2015). Beban kognitif siswa pada pembelajaran biologi di sma berbasis pesantren. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia http://bit.ly/2Jek2GQ [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Nissen, Jayson M. (2018).Comparison of normalized gain and cohen’s d for analyzing gains on concept inventories. Physical Review Physics Education Research, 14(1): 010115. Tersedia http://bit.ly/2HzIgsH [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Nurohmah, Eva Fauziah. (2015). Efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa smp. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia http://bit.ly/2TLebwH [23 Februari 2019 pukul 03:26].
OECD. (2013). Pisa 2015 draft science framework march 2013. Paris: OECD. Tersedia http://bit.ly/2JlTwf0 [23 Februari 2019 pukul 03:26].
OECD. (2018). Pisa 2015 results in focus. Paris: OECD. Tersedia http://bit.ly/2Hkylbh [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Rustaman, Nuryani Y. (2017). Mewujudkan sistem pembelajaran sains/biologi berorientasi pengembangan literasi peserta didik. Dalam Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017 “Biologi, Pembelajaran, dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner”: KS. Tersedia http://bit.ly/2u7tjq3 [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Sawilowsky, Shlomo S. (2009). New Effect size rules of thumb. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 8(2): 597-599. Tersedia http://bit.ly/2FahmGr [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Setiawan, Adib Rifqi. (2017). Penerapan pendekatan saintifik untuk melatihkan literasi saintifik dalam domain kompetensi pada topik gerak lurus di sekolah menengah pertama. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia http://bit.ly/2O4uvDF [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Suwarma, Irma Rahma. (2012). Science education development in Indonesia: curriculum changes from 1947 – 2010, a way to improve education quality in indonesia. Dalam Japan Society for Science Education (JSSE) National Seminar, 36: 381-382. Tersedia http://bit.ly/2TAhE28 [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Utari, Setiya, dkk. (2015). Designing science learning for training students’ science literacies at junior high school level. Dalam International Conference on Mathematics, Science, and Education 2015 (ICMSE 2015): SE. Tersedia http://bit.ly/2u4U6D5 [23 Februari 2019 pukul 03:26].
Wahyuni, Sri. (2018). Implementasi pendekatan sainstifik pada pelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sains siswa kelas xi-ipa sma negeri 2 lambandia, kab. kolaka timur- sultra. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2): 47-55. Tersedia http://bit.ly/2Fazwrn [23 Februari 2019 pukul 03:26].
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Refbacks
- There are currently no refbacks.