Analisis Metode User Education Di Perpustakaan Perguruan Tinggi
Abstract
User education merupakan salah satu program yang penting untuk dilaksanakan di sebuah perpustakaan perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan perpustakaan perlu memastikan jika pemustaka dapat menggunakan dan mengakses segala jenis layanan yang ada di perpustakaan dengan baik dan benar sehingga pemanfaatannya dapat lebih maksimal. Dengan demikian maka perpustakaan perlu melaksanakan metode yang efektif untuk penyampaian materi user education sehingga pemustaka dapat memanfaatkan fasilitas dan juga layanan semaksimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode-metode apa saja yang dinilai paling efektif dalam pelaksanaan user education. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif yang dilakukan dengan pembagian kuisioner pada mahasiswa program studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) angkatan 2017. Agar user education dapat tersampaikan dengan baik, maka perpustakaan perlu untuk menentukan metode apa saja yang efektif sebagai sarana penyebaran materi user education tersebut. Hasil yang diperoleh berdasarkan survey yang telah dilaksanakan adalah bahwa metode user education yang dinilai paling efektif untuk digunakan di perpustakaan perguruan tinggi adalah metode library tour atau wisata perpustakaan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v9i1.9456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.