Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Generasi Digital Native

Eko Sulistyo

Abstract


Improving the Quality of Library Services for Digital Native Generations. The generation of Digital Natives, the younger generation born and living in the internet era, tends to use the internet in their daily lives. They are very master of this and of course require librarians to be able to provide access based communication technology. To improve service quality in addition to facilities and communication technology, libraries must provide collections that can be accessed through the internet, so that they can be read anytime and anywhere, including E-Book, E-Paper and E-Journal. Primarily is the collection of E-Journal.

 

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan  Terhadap Generasi Digital  Native. Generasi Digital Natives, yaitu generasi muda yang lahir dan hidup pada era internet cenderung menggunakan dunia internet dalam kehidupan sehari-hari. Mereka sangat menguasai akan hal ini dan tentunya menuntut pustakawan mampu menyediakan akses berbasis teknologi komunikasi tersebut. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan selain fasiltas dan teknologi komunikasi, perpustakaan harus menyediakn koleksi yang sudah bisa diakses melalui internet, sehingga bisa dibaca kapan saja dan dimana saja, antara lain yaitu E-Book, E-Paper dan E-Journal.Utamanya adalah koleksi E-Journal.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Digital Native; Paradigma Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Aan Prabowo, Heriyanto, ANALISIS PEMANFAATAN BUKU ELEKTRONIK ( E-BOOK ) OLEH PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 SEMARANG, dalam JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013, 1-9 hlm. Online dari http: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip

Amirul Ulum, Membangun Pustakawan Modern, Yogyakarta : Azyan Mitra Media, 2017.

Andi Pandita, “Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makasar”. Skripsi. Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar, 2017. Hal. 1-2

Dian Hapsari, “Tantangan Dan Kompetensi Pustakawan DiIEra Digital”, dalam Jurnal Pustaka Ilmiah, VOL. 1, No. 1 TAHUN 2015 , 55-60 hlm.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). ManajemenPemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat, hal. 149.

Machsun Rifauddin, “Ketarampilan Sosial Pustakawan Dalam Memberikan Pelayan ermutu Di Perpustakaan”, dalam Jurnal KHIZANAH AL-HIKMAH Vol. 5 No.1, Januari – Juni 2017. 102-122 Hlm.

Muhammad Azwar dan Rizka Amaliah, “Pemanfaatan Jurnal Elektronik Sebagai Sumber Referensi Dalam Penulisan Skripsi Di Institut Pertanian Bogor”, dalam Jurnal Libraria , Vol. 5, No. 1, Juni 2017. 1-24 hlm.

Mustati,, dan M. Najib HM, “Pemanfaatan E-Journal Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Ilmiah Di Kalangan Civitas Akademik Universitas Hasanuddin”, dalam Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 2, No.1 Januari – Maret 2013, 100-109 hlm.

Nuning Kurniasih, “Kualifikasi Pustakawan di Era Digital”, dalam Prosiding Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia 2015 “Library Move on: Bangga Menjadi Profesional di Dunia Perpustakaan dan Informasi” UPI Bandung, 19-21 Agustus 2015. Hlm: 439-449

Rahayuningsih.Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007. Hal. 18

Riana Mardina, “Poetnsi Digital Nativies Dalam Pesentasi Literasi Informasi Multimedia Berbasis Web di Perguruan Tinggi”, dalam Jurnal Pustakawan Indonesia. Volume 11 No. 1.5-14 hlm.

Suwarno , Wiji. 2011. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, hal. 74.

Tjiptono, Fandi. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Andi, 2004, hal. 11.

Yulia Nurendah, “Analisis Pengaruh Kualitas PelayananPerpustakaan Terhadap Kepuasan danHubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa”, JIMKES Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 1 No. 1, 2013. 93-112 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i1.4994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.