SISTEM PENILAIAN PRESTASI KINERJA PUSTAKAWAN UNDIP

Yuni Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem penilaian kinerja pustakawan di UNDIP Semarang beserta dampaknya. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dengan teknik coding dan editing. Analisis data dengan teknik reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian memberikan gambaran penilaian kinerja pustakawan yang diklasifikasikan dalam dua sudut pandang, yaitu penilaian masa lalu dengan teknik rating scale dilakukan oleh atasan langsung dan sudut penilaian masa depan dengan teknik penilaian rekan sejawat. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa sistem penilaian prestasi kinerja pustakawan di UNDIP telah dilaksanakan dengan baik. Terlihat dampak positif yang jauh lebih besar daripada negatifnya. Ini terbukti dengan antusias kerja pustakawan, kebersamaan, dan semangat kerja yang tinggi. Dampak negatifnya hanya sebagian kecil dari pustakawan yang masih merasa iri dengan sistem penilaian yang berbeda antara petugas yang satu dengan yang lainnya.

Keywords


Kinerja; Prestasi Kerja; Penilaian Kinerja

Full Text:

PDF

References


Badan Kepegawaian Negara. (2014). Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil dalam Persyaratan Kenaikan Pangkat dan Jabatan. Jakarta.

Dharma, Surya. (2009). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handoko, T. Hanny. (1996). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2015. Pedoman Umum Pustakawan Berprestasi. Jakarta

Manullang, M. (2001). Manajemen Personalia,-- edisi 3. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Martoyo, Susilo. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Moleong, Lexy J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurfaisa. (2011). Sistem Penilaian Kinerja Karyawan di KFC Royal Plaza Surabaya.

Rivai, Veithzal. (2009). Islamic Human Capital. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Universitas Diponegoro. (2014). Peraturan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pedoman Penetapan Kinerja, Evaluasi Kinerja dan Penilaian Prestasi Kerja bagi Jabatan Dosen, Tugas Tambahan, dan Tenaga Kependidikan dalam Rangka Pelaksanaan Remunerasi. Semarang

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i2.1605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.