SISTEM PELAYANAN CLOSE ACCESS, PEMELIHARAAN, DAN PERAWATAN KOLEKSI PADA LAYANAN KOLEKSI TANDON DI PERPUSTAKAAN STAIN KUDUS

Radiya Wira Buwana

Abstract


Pemeliharaan dan perawatan koleksi bahan pustaka memiliki peranan yang sangat penting bagi terlaksananya pelayanan perpustakaan yang prima bagi para pemustaka. Kondisi koleksi bahan pustaka harus bisa dijaga agar tidak rusak, kotor, atau bahkan hilang, sehingga pemustaka dapat memanfaatkan bahan pustaka tersebut. Berbagai faktor, baik itu internal ataupun eksternal, faktor lingkungan ataupun faktor manusianya sendiri dapat menjadikan masalah bagi koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. Koleksi buku tandon yang merupakan koleksi yang berisi copy pertama dari setiap buku di perpustakaan menerapkan layanan close access yang berfungsi untuk mempermudah pemeliharaan dan perawatan koleksi buku di tandon. Sehingga buku-buku ataupun bahan pustaka yang ada di koleksi tandon akan bisa diakses oleh pemustaka jika dibutuhkan sesegera mungkin.

Keywords


Pemeliharaan; perawatan koleksi; Koleksi tandon

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 1999. Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

Daryono. Pemeliharaan Bahan Pustaka di Peprpustakaan. http://daryono.staff.uns.ac.id/. diunduh pada 23 Juni 2015

Hastuti, Puji, Sistem layanan perpustakaan. http://pujihastuti.blogspot.com. diunduh pada 26 Maret 2015.

Prastowo, Andi. 2012. Manajemen perpustakaan sekolah professional. Jogjakarta : Diva press

Setiawan, ebta. 2013. Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) versi online. http://kbbi.web.id/sistem, diunduh pada 26 maret2015.

Tim Penyusun Buku panduan Perpustakaan STAIN Kudus, 2014, Buku Panduan perpustakaan STAIN Kudus, Kudus : Perpustakaan STAIN Kudus




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i1.1570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.