PROGRESIFITAS PERPUSTAKAAN STAIN KUDUS (Pengembangan Perpustakaan STAIN Kudus menuju Perpustakaan Bertaraf Internasional)

Mas’udi Mas’udi

Abstract


Perpustakaan merupakan jantung lembaga pendidikan. Kehadirannya merupakan hal mutlak yang harus selalu disadari oleh segenap masyarakat di lingkungan pendidikan itu sendiri. Pencapaian demi pencapaian di wilayah akademis pada lembaga pendidikan bertumpu seutuhnya dengan usaha-usaha progresif yang ingin dicapai melalui perpustakaan.Sejarah panjang kehadiran ilmu pengetahuan di dunia Islam berdiri di atas kokohnya disiplin membaca kaum muslimin. Semangat membaca yang direpresentasikan oleh para ulama zaman keemasan Islam menunjukkan bahwa kegiatan membaca yang terfasilitasi oleh hadirnya perpustakaan bukti autentik hidupnya semangat belajar untuk progresifitas dunia keislaman. Hal ini memicu secara menyeluruh terhadap bertumbuhkembangnya semangat-semangat pengembangan ilmu pengetahuan di tengah-tengah kehidupan kaum muslimin.Usaha pengembangan perpustakaan menjadi nilai dasar yang ingin diwujudkan oleh Perpustakaan STAIN Kudus. Hal ini dicanangkan sepenuhnya dengan usaha untuk menjadikan Perpustakaan STAIN Kudus yang memiliki progresifitas kelembagaan bertaraf internasional. Usaha-usaha ini menjadi agenda besar pengembangan kelembagaan ini seiring dengan alih status yang akan mengisi ruang-ruang akademik segenap sivitas akademika STAIN Kudus itu sendiri.

Keywords


Progresifitas; Sarana dan Prasarana; Sistem; Kelembagaan

References


Prastowo, Andi, 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Andrian, Dyka. “Analisis Swot Perpustakaan STKIP Doktor Nugroho Magetan” dalam Nugroho Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 2. Nomor. 1. Mei 2014.

Rifai, Agus. 2013. Perpustakaan Islam; Konsep, Sejarah, dan Kontribusinya dalam Membangun Peradaban Islam Masa Klasik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

UPT Perpustakaan STAIN Kudus, 2014. Buku Panduan Perpustakaan STAIN Kudus Tahun Akademik 2014/2015.

Liebaers, Herman. “Towards a European Council of Research Libraries” dalam Proceedings of the Advanced Research Workshop on the Impact of New Information Technologies on Library Management, Resources, and Cooperation in Europe and North America, November. 1984, Luxemburg.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Yusup, Pawit M, 2012. Perspektif Manajemen Pengetahuan Informasi, Komunikasi, Pendidikan, dan Perpustakaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i1.1562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.