PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERGURUAN TINGGI (Konstruksi Pelayanan, Strategi, dan Citra Perpustakaan)
Abstract
In an effort to support the implementation of universities, universities need to be supported by a set of facilities and infrastructure. One of the basic and essential facilities are available and a library with adequate service. Libraries who is a supporter of university should be able to play an active role to support the task of universities. The library is a facility or providing a means of reading materials. The purpose of the library itself, especially the college library is to provide information services for learning, research, and community service in order to implement the Tri Dharma College tow. Libraries have a very significant role in the institutions, especially institutions that shelter the college library. With good management, the library will have a positive impact for users it serves. Availability of a wide range of services and knowledge in the college library, will give the user a chance to utilize and develop knowledge independently. Repair image of the library as an institution of professional higher education and provide information services to the campus community will open up the minds of them, that the library can be used as an alternative means that are used to study independently.
Dalam upaya mendukung terlaksananya perguruan tinggi, lembaga perguruan tinggi perlu ditunjang oleh seperangkat fasilitas serta prasarana. Salah satu fasilitas pokok dan esensial adalah tersedianya perpustakaan dengan koleksi dan layanan yang memadai. Perpustakaan yang merupakan pendukung dari perguruan tinggi harus dapat berperan aktif menunjang tugas perguruan tinggi. Perpustakaan adalah fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan. Tujuan dari perpustakaan sendiri, khususnya perpustakaan perguruan tinggi adalah memberikan layanan informasi untuk kegiatan belajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tingg. Perpustakaan mempunyai peran yang sangat berarti dalam institusi lembaga yang menaunginya khususnya perpustakaan perguruan tinggi. Dengan adanya pengelolaan yang baik, perpustakaan akan memberikan dampak yang positif bagi pemakai yang dilayaninya. Ketersediaan berbagai macam layanan dan pengetahuan di perpustakaan perguruan tinggi, akan memberikan kesempatan pemakai untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan pengetahuan secara mandiri. Perbaikan citra perpustakaan perguruan tinggi sebagai institusi profesional dan memberikan layanan informasi bagi komunitas kampus akan membuka cakrawala berpikir mereka, bahwa perpustakaan dapat dijadikan sebagai sarana alternatif yang digunakan untuk belajar secara mandiri.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Armansyah, Cut, “Penerapan Total Quality Management dalam Manajemen Perpustakaan: Survey pada Beberapa Perpustakaan di Jakarta”, Tesis, Pascasarjana Universitas Indonesia, 1998.
Fahmi, Ismail, “Inovasi Jaringan Perpustakaan Digital: Network of Networks NeONs”, Makalah Seminar dan Workshop Sehari Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah, Malang 4 Oktober 2004.
Hasibuan, Zainal A., “Pengembangan Perpustakaan Digital: Studi Kasus Perpustakaan Universitas Indonesia”, Makalah Pelatihan Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi, Cisarua-Bogor, 17-18 Mei 2005.
Hermawan, Rachman, Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan Terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto, 2006.
Hoeroestijati, “Peran Pustakawan dalam Pembentukan Citra Perpustakan”, http://pemasaran.wikispace.com/file/view/makalah+manajemen+pemasaran.Pdf, diakses pada 28 Maret 2016.
Lasa, Manajemen Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Pinus, 2007.
Majid, Suharto Abdul, Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi, Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Mangkunegara, A.A. dan Anwar Prabu, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Bandung: Refika Aditama, 2005.
Marshall, Joane, Linda Moulton, dan Roberta Piccoli, “Kompetensi Pustakawan Khusus di Abad Ke-21”, BACA, Jurnal Dokumentasi dan Informasi, Vol. 27, Tahun 2, 2003.
Moenir, A.S., Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Perpustakaan RI, UU RI No. 43 Tahun 2007.
Prasetijo, Ristiyanti dan John Ihalauw, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi, 2005.
Priyanto, Ida Fajar, “Layanan Pemakai yang Berkualitas: Suatu Gagasan”, Media Informasi, Tahun XI, Maret 1997.
Pudjiono, “Membangun Citra: Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia Menuju Perpustakaan Bertaraf Internasional”, http://www.lib.ui.ac.id/files/pudjiono.pdf, diakses pada 28 Maret 2016.
Sinaga, Dian, Mengelola Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Kreasi Media Utama, 2007.
Sulistiyo, Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia, 1991.
Sutarno, N.S., Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: Sagung Seto, 2006.
Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset, 2001.
Wiranto, F.A., dkk., Perpustakaan Menjawab Tantangan Jaman, Semarang: Penerbit Universitas Katolik Soegijapranata bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Jawa Tengah, 1997.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v4i1.1245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.