Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017

Suparwi Suparwi, Syarifatul Fitriyani

Abstract


This research aims to find the effect of produck knowledge, brand image, brand ambassador against purchasing decisions top white coffie products in students of the faculy of economics and Islamic busines (FEBI) IAIN Kudus 2016-2017. Many factors motivate consumers to make purchasing decisions. Purchasing decisions are consumer behavior in deciding whether to buy a product or not. Usually consuimers will consider before going to decide on a purchase a product that will buy. This research uses quantitative research, the population in this study amounted to 1.091 Student. While the sample used 92 student. The analysis technique uses multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that product knowledge has an effect on purchasing decisions. Brand image affects purchasing decisions and brand ambassador influences decision making. And together Product Knowledge, Brand Image, Brand Ambassador influence purchasing decisions.


Keywords


Pengetahuan Produk, Citra Merek, Duta Merek, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Algifari. 2000. Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi:Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Azwar, Saifudin. 1997.Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dharmayana, I Made Arya dan Rahanatha, Gede Bayu. 2017. Pengaruh Brand Equity Brand Trust Brand Preference dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol.6 No.4.

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning and Strategy). Pasuruan: Qiara Media.

Firmansyah. M Anang. 2018. Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Gozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Undip.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Undip.

Herdianto, Dony. 2016. Creative Selling Everyday. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hasan, M Iqbal. 2001. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hermawan, Yongki. 2017. Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement Lee Minho Dalam Iklan Luwak White Koffie Terhadap Brand Image dan Brand Repurchase Intention, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.4 No.1.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Machfoedz, Mas’ud. 2015. Kewirausahaan Metode, Manajemen, dan Implementasi. Yogyakarta: BPFE.

Masrukin. 2004. Statistik Inferensial Aplikasi Program SPSS. Kudus: Media Ilmu Press.

Masrukhin. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Kudus: STAIN Kudus.

Masrukin. 2015. Statistik 1 Berbasis Computer Ekonomi Islam. Kudus: Media Ilmu Press.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Media Kom.

Putra, Muhammad Ikhsan, Dkk. 2014. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengguna Line Di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.12 No.1.

Samosir, Ligia Stephani, Dkk. 2016. Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi. Vol.15 No.2.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Stanislaus, Sugiyarta dan Pratiwi, Pundani Eki. 2012. Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Membeli Pada Mahasiswa Konsumen Oriflame Di Unnes. Intuisis Jurnal Psikologi Ilmiah. Vol.4 No.2.

Sterie, Wua Gloria, Dkk. 2019. Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA. Vol.7 No.4.

Sujarweni, V Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Barpress.

Sumarni, Murti dan Wahyuni, Salamah 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suzandoko, Theo Hermawan, Dkk. 2019. Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Coffee Di Kota Surabaya. Jurnal Teknologi Industri Pertanian.

Tandarto, Rendy dan Dharmayanti, Diah. 2017. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Customer Loyalty Dengan Celebrity Endorsement Raline Shah Sebagai Variabel Intervening Top White Coffee Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran.

Wardhana, Aditya dan Iba, Zainuddin. 2014. Pengaruh Penjualan Personal Terhadap Pengetahuan Produk dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suv Premium di Jawa Barat. Jurnal Kebangsaan. Vol.3 No.5.

Yusiana, Rennyta dan Maulida, Rifaatul. 2015. “Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond’s Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran)”. Ecodemica. Vol.3 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.