Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta Islamic Index Tahun 2011 - 2015)

Novi Wulandari Widiyanti, Nindya Tyas Hasanah

Abstract


This study aims to analyze factors affecting Islamic Social Reporting (ISR) of Jakarta Islamic Index (JII). Islamic Social Reporting (ISR) is a social responsibility disclosure index accordance to the sharia principles. The social responsibility disclosure is accountability to Allah SWT to make a decision for muslim firm report user. ISR was evaluated based on content analysis by analyzing annual report of 55 companies that listed in Jakarta Islamic Index exchange in 2011-2015. There were four factors suspected to influence ISR in this study. The results show that liquidity, profitability and company age significantly affect the disclosure of ISR. Meanwhile, industry type does not affect the disclosure of ISR.

Keywords


Company Age, Industry Type, Islamic Social Reporting (ISR), Liquidity, Profitability

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, I. R. 2013. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi empiris Pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2008-2012) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Akhtaruddin, M. 2005. Corporate Mandatory Disclosure Practice in Bangladesh. The International Journal of Accounting, (40: 399-422).

Anggraini, Fr. R. R. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Naisonal Akuntansi IX, Padang, 23-26 Agustus 2006.

Brealey, Stewart C.Mayer dan Alan J.Marcus. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jilid 2, Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Chariri, A dan Imam Ghozali. 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Chariri, A. 2008. Kritik Sosial Atas Pemakaian Teori dalam Penelitian Pengungkapan Sosial dan Lingkungan. Jurnal MAKSI. Vol.8 (2): 151-169.

Dewi, Indah Fitri Karunia. 2012. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Porsi Kepemilikan Publik atas Saham Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan Jakarta Islamic Index”. Skripsi Universitas Indonesia.

Dipika, Nur Anisa. 2014. “Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perushaan dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting”. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multitative Dengan Program SPSS. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, I. 2002. “Pengaruh kelompok Industri, Bisnis Perusahaan dan Tingkat Return Terhadap Kualitas Pengungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan: Studi Empiris di BEJ”. Tesis S-2 Universitas Gajah Mada.

Hadi, Nor. 2009. Social Responsibility: Kajian Theoretical Framework dan Perannya dalam Riset di Bidang Akuntansi. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 4 (8).

Haniffa, R. 2002. Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Research. Vol. 1 (2): 128-146.

Haniffa, R. M., & Cooke, T. E. 2005. The Impact of Culture and Governance on Corporate Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy 24: 391-430.

Istanti, S.L.W. 2009. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sukarela Modal Intelektual”. Tesis. Program Pasca Sarjana. Universitas Diponergoro, Semarang.

Kariza, Ayu. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index. Jurnal Akuntansi.

Munawwarah et.al. 2013. Pengaruh Ukuran dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Rehun 2010-2011). Jurnal. Universitas Riau, Pekanbaru.

Nurkhin, Akhmad. 2010. Corporate Governance dan Profitabilitas; Pengaruhnya terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Magister Akuntansi. Vol. 2 (1): 46-55.

Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. 2009. Determinants of islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia. Resarch Journal of International Studies. Issue 12: 4-20.

Putri, Tria Karina dan Yuyetta, Etna Nur Afri. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2011–2012. Diponegoro journal of accounting. ISSN (Online): 2337-3806. Vol.3 (2): 1-9.

Raditya, Amilia Nurul. 2012. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES)”. Skripsi Universitas Indonesia.

Raharjo, Kharis. 2013. Corporate Social Responsibility : Dari Etika Bisnis Menuju Implementasi Good Corporate Governance.

Rahayu, W. 2006. Pengaruh Faktor Keungan dan Non Keuangan Terhadap Voluntary Disclosure Index dalam Laporan Keuangan Perusahaan Publik. Jurnal Universitas Gajah Mada.

Rizkiningsih, Priyesta. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)”. Skripsi Universitas Indonesia.

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi Dan Pengukuran Kinerja. Cetakan 1, Edisi 2: 35-57. Jakarta: Indeks.

Untari, Lisna. 2010. Effect On Company Characteristics Corporate Social Responsibility Disclosures in Corporate Annual Repport Consumption Listed in Indoensia Stock Exchange. Jurnal FE Universitas Gunadarma, Depok.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.