Analisis Variabel yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Makanan Halal Melalui GoFood Saat Covid-19

Adri 'Aunur Rahman, Tati Handayani

Abstract


Abstract

This research aims to find out and explain about the factors that influence halal food purchase decisions through GoFood during Covid-19. Quantitative methods are the methods used in this research. The population of this research were the Muslim community of GoFood service users in Jabodetabek during the Covid-19 pandemic. Samples were taken are 265 respondents with purposive sampling. This research used primary data and data collection techniques using questionnaires. The data analysis techniques used in this research are inner model and outer model with analysis tool used is SmartPLS. This research explains that the existence of halal labels on the GoFood application helps consumers in making purchasing decisions in GoFood, in other words halal labels have a significant effect. The quality of service in accordance with sharia rules and contactless delivery must be applied with the aim to improve the comfort of consumers, in other words the quality of service has a significant effect. Price will be considered by consumers to buy a product, but with the condition of Covid-19 even though the price listed is high still decide to use GoFood services, in other words the price has no significant effect.

Keywords: Halal Food, Halal Label, Price, Purchase Decision, Quality Of Service

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian makanan halal melalui GoFood saat Covid-19. Metode kuantitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah masyarakat muslim pengguna layanan GoFood di Jabodetabek selama pandemi Covid-19. Jumlah sampel yang digunakan adalah 265 orang dengan menggunakan metode purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah inner model dan outer model menggunakan SmartPLS. Penelitian ini menjelaskan bahwa dengan adanya label halal pada aplikasi GoFood membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian di GoFood, dengan kata lain label halal berpengaruh signifikan. Kualitas layanan yang sesuai dengan aturan syariah dan contactless delivery harus diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan para konsumen, dengan kata lain kualitas layanan berpengaruh signifikan. Harga akan menjadi pertimbangan para konsumen untuk membeli suatu produk, namun dengan kondisi Covid-19 walaupun harga yang tercantum tinggi tetap memutuskan untuk menggunakan layanan GoFood, dengan kata lain harga tidak berpengaruh signifikan.

Kata kunci: Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Layanan, Label Halal, Makanan Halal


Keywords


Harga; Keputusan Pembelian; Kualitas Layanan; Label Halal; Makanan Halal

References


Al-Arif, M. Nur Rianto. 2011. Dasar-Dasar Ekonomi Islam. edited by R. Hamidawati. Solo: PT ERA ADICITRA INTERMEDIA.

Albab Al Umar, Ahmad Ulil, Muammar Taufiqi Lutfi Mustofa, Dessy Fitria, Alfia Miftakhul Jannah, and Yusvita Nena Arinta. 2021. “Pengaruh Label Halal Dan Tanggal Kadaluarsa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sidomuncul.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 4(1):641–47. doi: 10.36778/jesya.v4i1.348.

Anon. 1999. “Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tentang Label Dan Iklan Pangan.” Retrieved (http://bkp.pertanian.go.id/regulasi).

Archinza, Fachrul, Tati Handayani, and Syarif Ali. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen.” Business Management, Economic, and Accounting National Seminar 1(1):1551–68.

Arief, Suyoto, and M. Yusuf Alfarizy. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen.” Journal Of Islamic Economics and Philanthropy 02(03):403–12.

Bimo, Haryo., Tati. Handayani, and Miguna. Astuti. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Ritel Hypermart.” PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar 1:671.

Destamar, Dival Larkhin, Lina Aryani, and Pusporini. 2021. “Analisis Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Gojek Fitur Gofood.” Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi 2(1):1744–58.

Effendi, Syamsul. 2021. “Penetapan Harga Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Kajian Ekonomi Syariah 1(2):26–35.

Ermawati, Ermawati, Atika Husaini, and Irham Pakkawaru. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Palu.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam 2(1):36–58. doi: 10.24239/jiebi.v2i1.22.36-58.

GoFood. 2021. “Tampilan Aplikasi Go-Food.”

gojek. 2020. “Data GoFood.” Retrieved (www.gojek.com).

Harum Prasetyo, Faradella, and Moch Khoirul Anwar. 2021. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Pada Masyarakat Muslim Kabupaten TulungAgung.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 4:139–50.

Ibrahim, Fanut, and Hendri Hermawan Adinugraha. 2020. “Persepsi Konsumen Non-Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Halal.” Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam 5(1):150. doi: 10.31332/lifalah.v5i1.1692.

Ikram, Muhammad Muiz. 2021. “Keputusan Penggunaan Layanan Gofood Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal IlmIah Manajemen Kesatuan 9(2):279–91. doi: 10.37641/jimkes.v9i2.467.

Kamila, Evita Farcha. 2021. “Peran Industri Halal Dalam Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Era New Normal.” Jurnal Likuid 1(01):33–42.

Kaur, Kamaljeet, Syuhaily Osman, Sukjeet Kaur, and Jaspal Singh. 2018. “Is Halal a Priority in Purchasing Cosmetics in Malaysia among Muslim Malaysian Women?” International Journal of Business, Economics and Law 15(3):19–25.

Kea, Garick. 2019. “GoFood Merupakan Pioner Dalam Jasa Layanan Food Delivery.” Retrieved (https://www.nielsen.com/id/en).

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2021. Principles of Marketing. 18th ed. Pearson Education Limited.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th ed.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1985. “A Conceptual Model Service Quality and Its Implications for Future Research.” The Journal of Marketing 49(4):41–50.

Peter, J. Paul, and Jerry Corrie Olson. 2009. Consumer Behavior & Marketing Strategy. 9th ed. Mc Graw-Hill companies co.

Qardhawi, Yusuf. 1993. Halal Dan Haram Dalam Islam. PT. Bina Ilmu.

Rusniawan, Andreas Natanel, and Thomas Santoso. 2021. “Analisis Pengaruh Harga, Ekuitas Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Makanan Online Bosse Ayam Panggang Khas Solo.” 9(1).

Saad, Ahmed Tausif. 2021. “Factors Affecting Online Food Delivery Service in Bangladesh: An Empirical Study.” British Food Journal 123(2):535–50. doi: 10.1108/BFJ-05-2020-0449.

Salaamgateway.com. 2020. “Top 10 Indicator Score Rank By Sector.” Retrieved September 23, 2021 (https://www.salaamgateway.com/story/what-is-the-global-islamic-economy-indicator-and-why-is-it-important).

Salam, Mohammad Asif, and Saleh Bajaba. 2021. “The Role of Transformative Healthcare Technology on Quality of Life during the COVID-19 Pandemic.” Journal of Enabling Technologies 15(2):87–107. doi: 10.1108/JET-12-2020-0054.

Schiffman, Leon G., and Kannuk. 2010. Consumer Behavior. edited by 10. New Jersey.

Setiadi, Nugroho Juli. 2003. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Pranada Media Group.

Shafie, Shahidan, and Nor Othman. 2006. “Halal Certification: An International Marketing Issues and Challenges.”

Sitompul, Saleh. 2021. “Pengaruh Pengetahuan Label Halal Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 7(1):50–64.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. 1st ed. Andi Offset.

Warto, and Samsuri. 2020. “Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal Di Indonesia.” Journal of Islamic Economics and Banking 2.

Wibowo, Hafidh Okta, and Saptani Rahayu. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo.” Jurnal Management, Bisinis Dan Pendidikan 8(1):70–78.

Widyastuti, Winanti, and Raya Sulistyowati. 2021. “Pengaruh E-Service Quality Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food ( Studi Pada Pengguna Gojek Di Surabaya).” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9(2):1272–78.

Wirtz, Jochen, and Christopher Lovelock. 2016. Services Marketing. 8th ed. World Scientific Publishinc Co.Inc.

Wulandari, Sri. 2021. “Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo).” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara 4(1):21–26.

Yamali, Fakhrul Rozi, and Ririn Noviyanti Putri. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 4(2):384. doi: 10.33087/ekonomis.v4i2.179.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v10i1.13928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.