Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Era Pandemi Covid-19 pada Masyarakat Kudus

Nurul Izzatun Nisa, Muhamad Mustaqim

Abstract


Di era pandemi penggunaan pembayaran uang elektronik mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh trust dan pengetahuan produk terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penyebaran kuesioner dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlah sampel 100 pengguna uang elektronik di Kabupaten Kudus. Penelitian ini memperoleh hasil temuan, yaitu pertama, adanya pengaruh yang signifikan variabel trust terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. Kedua, adanya pengaruh yang signifikan variabel product knowledge terhadap keputusan penggunaan uang elektronik.


Keywords


Trust, Product Knowledge, Keputusan Penggunaan uang elektronik.

References


Indah, D. Y., Setiawati, I., & Indiworo, Rr. H. E. (2020). Analisis Keputusan Nasabah Menggunakan Transaksi Non Tunai di Era Pandemi Covid 19. 16(2).

Jayani, D. H. (2020). Transaksi E-money Meningkat Saat PSBB. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/11/transaksi-e-money-meningkat-saat-psbb

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Airlangga.

Krismawintari, N. P. D., Komalasari, Y., Utama, I. G. B. R., Trimurti, C. P., & Junaedi, I. W. R. (2020). Decision Model of Use E-Money in Covid-19 Pandemic Situation. Technium Social Sciences Journal, 10, 280–290. https://doi.org/10.47577/tssj.v10i1.1333

Kusuma, Nuruni Ika. (2020). Analisis Tingkat Persepsi Konsumen Pada Minat Penggunaan Kartu E-Money | Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen. 8(2). http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/653

Permata S, A. R., & Kerti, N. N. (2020). Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com. Lakeisha.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis. Penderbit ANDI.

Suprapto, R., & Wahyuddin, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Myria Publisher.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. CV Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.13083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.