Peran Komunitas Pengusaha Muslim Dalam Mengembangkan Bisnis Syariah di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi kasus: Jogja Muslimah Preneur)

Raisa Aribatul Hamidah, Azhar Alam, Devi Wijayanti, Aditya Nurrahman

Abstract


Penelitian membahas peran komunitas bisnis Syariah dalam mengembangkan bisnis Syariah di Tengah Pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunitas dalam mengembangkan bisnis syariah dan mempertahankan nilai-nilai syariah dalam bermuamalah selama Pandemi Covid-19. Dengan subjek penelitian menggunakan sebelas responden yang terdiri dari pendiri, pengurus dan anggota komunitas pengusaha muslim di Wilayah Yogyakarta. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kasus (case study), penelitian yang mendalam tentang                    individu, kelompok, institusi dan sebagainya dalam waktu tertentu. Pengumpulan data dengan cara mewawancarai pengurus dan anggota komunitas serta mengumpulkan dokumen-dokumen literatur tentang mempertahankan bisnis syariah di tengah Pandemi. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Jogja Muslimah Preneur (JMP) memberikan peran dalam bentuk pemberian fasilitas berupa kegiatan-kegiatan dan event-event yang berguna untuk menambah wawasan, meningkatkan kemampuan daya saing, dan melihat peluang dari sudut pandang yang berbeda. Komunitas juga berperan mempertahankan nilai-nilai syariah yang harus dijaga dalam berbisnis meskipun dalam keadaan sulit seperti pandemi Covid-19 saat ini. Dengan segala keterbatasan penelitian yang dihadapi, pelajaran penting dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk wilayah lain yang ingin mendirikan komunitas pengusaha muslimah dengan tetap mempertahankan nilai-nilai syariah yang sebenarnya.



Keywords


Covid-19; komunitas pengusaha; bisnis syariah

References


Agustin, H. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Rajawali Pers.

Ali, M. D. (2011). Hukum Islam, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. PT RajaGrafindo Persada.

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia [The Impact of Covid-19 on MSMEs in Indonesia]. Jurnal Brand, 2(1), 147–153. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Antoni. (2016). Praktik Bisnis Syari’ah Usaha Dagang (UD) Toncell Mataram NTB [Business Practices Syari’ah Trading Business (UD) Toncell Mataram NTB]. Jurnal El-Hikam, 9(2), 423–449.

Ariyadi. (2018). Bisnis Dalam Islam [Business in Islam]. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 13–26. https://doi.org/10.33084/jhm.v5i1.158

Aziza, A. (2018). Peran Entrepreneur Muslim dalam Membangun Koneksi dan Komunitas bisnis (Studi fenomenologi pada Pelaku Usaha Sari Bumi di Sidoarjo). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Basrowi. (2011). Kewirausahaan. Ghalia Indonesia.

Chilyatunnisa’. (2016). Pengembangan Bisnis Melalui Model Waralaba Syari’ah di Laundry Polaris Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ciputra. (2009). Solusi Job Creation di Tengah Krisis Global. SK Indopos.

Daryanto. (2018). Pengantar Ilmu Kewirausahaan (p. 60). Tira Smart.

Erviani, A. (2017). Peran Komunitas UINPreneurs dalam Memotivasi Mahasiswa untuk Melakukan Wirausaha di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In skripsi (Vol. 110, Issue 9). Universitas Islam Negeri Syarif HIdayatullah.

Farida, N., Naryoso, A., & Yuniawan, A. (2017). Model Pemasaran Hubungan dan E-Commerce dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UKM Batik [Model of Relationship Marketing and E-Commerce in Improving Marketing Performance of Batik SMEs]. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(36), 20–29.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 [MSME Survival Strategies Amid the Covid-19 Pandemic]. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Hasanah, H. (2013). Peran Strategis Aktivis Perempuan Nurul Jannah Al Firdaus Dalam Membentuk Kesadaran Beragama Perempuan Miskin Kota [The Strategic Role of Female Activist Nurul Jannah Al Firdaus in Forming the Religious Awareness of Poor Urban Women]. Inferensi, 7(2), 473. https://doi.org/10.18326/infsl3.v7i2.473-492

Hastuti, P. dkk. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis.

Masruri, N. T. (2014). Pandangan Hukum Islam terhadap Pelaksanaan Khiyar dan Garansi pada Produk Elektronik (Studi Kasus di Service Center Lenovo, Semarang). Universitas Islam Negeri Walisongo.

Maulina, F., & Listyani, R. H. (2020). Peran Perempuan Anggota Komunitas Pahlawan Ekonomi Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga (Studi Pada Perempuan Dengan Suami Tidak Bekerja Dan Single Parent) [The Role of Women Members of the Community of Economic Heroes in Improving the Family Economy]. Jurnal Paradigma, 8(2), 1–19.

Neuman, W. L. (2013). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. In edisi ke tujuh. INDEKS.

Nurhayati. (2018). Memahami Konsep Syariah, Fikih, Hukum dan Ushul Fikih [Understand the concepts of Sharia, Jurisprudence, Law and Usul Fiqh]. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2).

OECD. (2020). Covid-19: SME Policy Responses. Oecd 2020, March, 1–55. https://oecd.dam-broadcast.com/pm_7379_119_119680-di6h3qgi4x.pdf

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah [Covid-19 and its implications for micro, small and medium enterprises]. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) [The Effect of Social Media Use on Small and Medium Enterprises (SMEs)]. AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39.

Putra, M. U. M. (2015). Strategi Peningkatan UMKM terhadap Pembangunan Ekonomi Kota Medan (Studi Kasus: UMKM Komunitas Kelembagaan Tangan di Atas (Tda) Kota Medan) [Strategies for Increasing UMKM Against Economic Development in Medan City (Case Study: UMKM Community Institutiona. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 5(02), 91–99. https://www.mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jwem/article/view/230

Rahmanto, B. T., Nurjanah, S., & Darmo, I. S. (2018). Peran Komunitas Dalam Meningkatkan Kinerja Ukm (Ditinjau Dari Faktor Internal) [The Role of Community in Improving Sme Performance (Viewed From Internal Factors)]. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.80

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013, (2013).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2020). Peta Sebaran COVID-19. https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan tesis (p. 09). Suaka Media.

Takhim, M. (2016). Sistem Ekonomi Islam dan Kesejahteraan Masyarakat [Islamic Economic System and Community Welfare]. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 10(2), 4.

Tripayana, S., & Pramono, J. (2020). Kualitas Produk, Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan Dimana Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada UKM Start Up Pariwisata Kombuchi Brewing Co, Bali [Product Quality, Service, And Customer Loyalty Where Satisfaction Is An Intervening Variable In The Ko. Jemap, 2(2), 182. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.24167%2Fjemap.v2i2.2266

Usniah, S., & Alhifni, A. (2017). Karakteristik Entrepreneur Syariah Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bogor [Characteristics of Sharia Entrepreneurs in Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Bogor]. Jurnal Syarikah, Volume 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.