Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017)

Sayyidati Fatihatul Mawa, Iwan Fahri Cahyadi

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Snawball Sampling sehingga didapatkan sampel sejumlah 40 responden. Alat pengumpulan data yakni menggunakan kuesioner yang kemudian di analisis menggunakan teknik pengujian data yang meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda secara simultan variabel harga, online customer review dan rating berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara parsial variabel harga, online customer review dan rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.


Keywords


Harga; Online Customer Review; Rating; Minat Beli

References


Adhi Kusumastuti, (2020), Metode Penelitian Kuantitatif , DEEPUBLISH, Yogyakarta,2

Bakti, Umar ,dkk (2020), ”Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung”, Jurnal Ekonomi, Vol.22, No.1, februari 2020.

Budi, Galih Setiyo, (2016), “Analisis Sistem E-Commerce pada Perusahaan Jual-Beli Online Lazada Indonesia”, Jurnal Electronics, Informatics and Vocational Education (ELINVO), Vol 1, No.2, 2016, 78

Damayanti, Rizka Sri, (2019), “Pengaruh Online Custumer Review And Rating, E-Service Quality Dan Price Terhadap Minat Beli Pada Online Marketplace Shopee”, Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Teconology ISSN 2662-9404, 2019.

Elwalda, A., Lü, K., and Ali, M. (2016). Perceived Derived Attributes of Online Customer Reviews. Computers in Human Behavior, 56, 306–319.

Farki, Ahmad,dkk,(2016), “Pengaruh Online Custumer Review dan Rating terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia”, Jurnal Teknik ITS, Vol.5.

Firmansyah, Anang ,(2019), “Pengantar E-Marketing”, Qiara Media, Pasuruan ,44-45

Fure, Hendra, (2013). “Lokasi, Keberagaman Produk,Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Besehati Calaca”, Jurnal EMBA, Vol.1,No.3, September (2013) ,275

Ghozali, Imam (2006), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, UNDIP, Semarang, 95-96

Hariyanto, Halila Titin (2020), “Analisis pengaruh online custumer review, online custumer rating, dan star seller terhadap kepercayaan pelanggan hingga keputusan pembelian”, Jurnal Teknik ITS, Vol.9, No.2,(2020), 235

Kodu, Sarini, (2013), “Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanans Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza”, Jurnal EMBA, Vol.1, No.3, September (2013) ,1252

Machali, Imam (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 17

Mahmud Machfoedz, (2010), Komunikasi Pemasaran Modern, Cakra Ilmu, Yogyakarta, 69

Mandey, Jilly Bernadete (2013), ”Promosi, Distribusi,Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild”, Jurnal EMBA, Vol.1,No.4, Desember(2013),97

Masrukhin, (2009), Metodologi Penelitian Kuantitatif, STAIN Kudus, Kudus,102

Maulana, Shabur Miftah, dkk, (2015), “Implementasi E-commerce sebagai Media Penjualan Online”, Jurnal Administrasi Bisniss, Vol 29, No.1, Desember (2015),2-3

Mubarok, Dadan Abdul Aziz (2016), “Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen”, Jurnal Indonesia Membangun, Vol.15,No.3, September (2016),65

Priyatno, Duwi, (2010), Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS, Yogyakarta: Mediakom,2010),90-98

Rizky, Muhammad Fakhru NST, dkk, (2014), “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama”, Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol.14, No.02, Oktober (2014),10

Saidani, Basrah, (2012), “ Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market, Vol 3, No.1,(2012),6-7

Saleh, Muhammad Yusuf (2019), Konsep dan strategi pemasaran, Sah Media, Makasar,2

Satria, Arif Adi (2017), “Pengaruh Harga,Promosi,dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36”, Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, Vol.2, No.1, April(2017),47

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung, 85

Sugiyono, (2019), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 69

Suprapto, Rifqi, (2020), Manajemen Pemasaran, :Myria Publisher, Ponorogo,1

Widiarti, Aniek dan Yulia, Ati (2019), “Pengaruh Reviews Online Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Shopee.co.id Melalui Kebutuhan Kognisi”, Jurnal JIPIS, Vol.28, No.2, Juli-Desember 2019.

Yu, Jianxing (dkk), (2011), ”Aspect Ranking: Identifying Important Product Aspects from Online Consumer Reviews”, Proceedings of the 49th Annual Meeting of the Association for Computational Linguistics, pages 1496–1505, Juni(2011): 1496-1505




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.