Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016 – 2020

Nurika Rizki Amalia, Fetria Eka Yudiana

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh Leverage (DER), Profitabilitas (ROA), terhadap Nilai Perusahaan (PBV) dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016 – 2020. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan uji analisis jalur atau path analysis sebagai analisis data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji t yang menunjukkan bahwa variabel Leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ISR, Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ISR, ISR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Hasil Uji F menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel Leverage, Profitabilitas dan Islamic Social Reporting (ISR) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan hasil analisis jalur atau path analysis menunjukkan bahwa variabel Islamic Social Reporting (ISR) mampu memediasi pengaruh Leverage terhadap nilai perusahaan. Namun tidak dapat memediasi pengaruh Profitabilitas terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Leverage (DER), Profitabilitas (ROA), Nilai Perusahaan (PBV), Islamic Social Reporting (ISR)

References


Ayuni, N. (2020). Pengaruh Leverage, Kinerja Keuangan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Isr Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Bank Umum Syariah Periode 2014-2018 ).

Brigham, E., & Houston, J. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (A. A. Yulianto (Ed.); 11th Ed.). Salemba Empat.

Brigham, E., & Houston, J. . (2015). Fundamentals Of Financial Management (Terjemahan). Salemba Empat.

Cahya, B. T. (2017). Islamic Social Report: Ditinjau Dari Aspek Corporate Governance Strength, Media Exposure Dan Karakteristik Perusahaan Berbasis Syariah Di Indonesia Serta Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan.

Desriana, D. (2017). Pengaruh Likuiditas Dan Solvabilita S Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Kalbe Farma, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Hery. (2016). Financial Ratio For Business. Grasindo.

Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan: Edisi Kedua (1st Ed.). Kencana Prenada Media Group.

Prakosa, R. W. (2017). Pengaruh Likuiditas Dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Periode 2012-2016. 2017.

Samidi. (2021). Model Bisnis Dalam Meningkatkan Nilai Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (Bumd). Nem.

Saputra, L. (2019). Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas Dan Aktivitas Terhadap Kinerja Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Perdagangan Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi Dan Eceran Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Tahun 2015-2017).

Susanti, R. (2019). L Analisis Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Islamic Social Reporting (Isr) Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (Jii) Periode 2014-2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.