Membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini Melalui Guru Laki-laki (Studi Kasus di Kelas Sifir Madrasah Qudsiyyah Kudus)

Ihsan Ihsan

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Karakter religius santri sifir madrasah Qudsiyyah kudus, yang merupakan bagian dari pendidikan anak usia dini, dengan mengangkat beberapa permasalahan diantaranya bagaimana model kurikulum yang diterapkan di lembaga ini serta implementasi pembelajarannya, strategi yang dilakukan oleh guru laki laki dalam membentuk karakter dalam diri santri sifir, kemudian bagaimana karakter religius yang merupakan perilaku khas para santri sifir. Kajian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode penelitian kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa model kurikulum yang diterapkan merupakan hasil kombinasi antara kurikulum RA kemenag dan kurukulum lokal madrasah yang. menonjolkan nilai-nilai keislaman, strategi yang dilakukan adalah dengan keteladanan, suasana religious, internalisasi nilai religi dan pembiasaan, karakter religious yang muncul diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu dari segi akidah, syariah, dan akhlaq.


Keywords


Karakter religius; Guru laki-laki; dan Santri sifir

References


Bambang, Hartoyo. 2004. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: BPPLSP Regional III Jawa Tengah.

Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta Araska: Araska.

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru Dan Dosen. Indonesia.

Fadillah, Muhammad. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya Dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Guba, E. G. & Lincoln, Y. S. 1985. Naturalistic Inquiry. California: Sage Publications Inc.

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Maimun, Agus dan Agus Zainul Fitri. 2010. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif. Malang: UIN- Maliki Press.

Majid, Abdul. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

MENDIKNAS. 2009. Standard Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia.

Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Andi Ofset.

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Naim, Ngaimun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz-Media.

Sarimaya, Farida. 2008. Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa, Dan Bagaimana? Jakarta: Rajawali Press.

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional