Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik: Perspektif Calon Guru PIAUD

Faiq Makhdum Noor

Abstract


Literasi sains dapat membantu kita dalam membentuk pola pikir, perilaku, dan karakter untuk dapat peduli dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan, serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif calon guru PIAUD tentang pentingnya memperkenalkan literasi sains kepada peserta didik di usia dini. Pemahaman tentang membelajarkan literasi sains di kelas PIAUD masih belum optimal. Hal ini ditunjukkan pada peringkat PISA Indonesia yang menunjukkan nilai yang rendah jika dibandingkan dengan negara peserta yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini ialah mahasiswa PIAUD IAIN Kudus semester 4. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa calon guru PIAUD sebesar 75.89% memahami definisi literasi sains, 61.61% mengetahui cara membelajarkan sains, 60.71% mengetahui cara melakukan penilaian berbasis literasi sains, dan 94,64% memahami pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran literasi sains. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa calon guru PIAUD telah memahami pentingnya memperkenalkan literasi sains kepada peserta didik. Namun mereka kurang memahami tentang bagaimana membelajarkan dan juga menilai literasi sains peserta didik.

Keywords


Literasi Sains; Peserta Didik PIAUD; Calon Guru

References


Hasyim, S., L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam.pdf. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi.

Hidayati, F., & Julianto. (2018). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA.

OECD. (2003). The PISA 2003—Assessment Framework. http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33694881.pdf

OECD, O. (2018). Publications—PISA. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Permendikbud, P. (2009). Permendikbud No.58 Tahun 2009 Tentang Standar PAUD.

Prasetyo, S. (2016). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI.pdf.

Pratiwi, I. (2019). EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Randy Fananta, dkk, M. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Situmorang, R. P. (2016). INTEGRASI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS.pdf. Satya Widya.

Tohir, M. (2019, Desember). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Matematohir. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

UNEP, U. (2012). 21 Issues for the 21st century: Results of the UNEP foresight process on emerging environmental issues. http://wedocs.unep.org/handle/20.500.11822/8056




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional