Pembelajaran Inquiri-Discoveri dalam Meningkatkan Kreativitas Anak di Sentra Balok Tk Amal Insani

Abda Billah Faza Muhammadkan Bastian

Abstract



Abstract: One of the existing successful learning by applying the learning model that corresponds to the characteristics of learners. This study discusses the learning characteristics of children with a model of the inquiry- discoveri based learning. The purpose of this research reveal that the inquiry- discoveri based model can enhance children's creativity. This study is a qualitative study based on field research to be based on a literature review. The study was conducted in kindergarten Amal Insani to retrieve data through observation, documentation and interview with the school principal educator. The results showed that: First, the inquiry- discoveri based learning highly relevant to the child's learning characteristics. Second, creativity is born of freedom in the child explore and to experiment. Third, discoveri inquiri-learning implementation in kindergarten Amal Insani beam centers can increase a child's creativity. This study contains the arguments of the inquiry- discoveri based learning not only improve mathematical and logical intelligence. However, this study also enhance the mental abilities of children.

Abstrak: Salah satu keberhasilan pembelajaran ada dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini membahas tentang karakteristik belajar anak dengan sebuah model pembelajaran berbasis inquiri-discoveri. Tujuan dari penelitian ini mengungkap bahwa model berbasis inquiri-discoveri dapat meningkatkan kreativitas anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis field research dengan didasarkan pada kajian literatur. Penelitian dilakukan di TK Amal Insani dengan mengambil data melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pendidik kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, pembelajaran berbasis inquiri-discoveri sangat relevan dengan karakteristik belajar anak. Kedua, kreativitas lahir dari kebebasan anak dalam bereksplorasi dan bereksprimen. Ketiga, implementasi pembelajaran inquiri-discoveri di sentra balok TK Amal Insani dapat meningkatkan kreativitas anak. Penelitian ini berisi argumen-argumen pembelajaran berbasis inquiri-discoveri bukan hanya meningkatkan kecerdasan matematis dan logis. Namun, pembelajaran ini juga meningkatkan kemampuan mental anak.

 


Keywords


Pembelajaran berbasis inquiri-discoveri; karakterisik belajar anak; kreativitas

References


Creswel, John W. (2010). Research Desain: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Terj. Ahmad Fawaid. Tiga. Yogyakara: Pustaka Pelajar.

Darmiah, Darmiah. (2013). Perkembangan Pendidikan Anak Usia Balita. PIONIR: Jurnal Pendidikan Vol. 4, No. 1: 31

Fakhriyani, Diana Vidya. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, Vol. 4, No. 2 : 193–200.

Gufron, Amir. (2018). Perkembangan Kreativitas Anak Taman Kanak-Kanak ( Studi Komparatif Tk Sekar Jepara & Ra Darul Hikmah Jepara ).” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 15, No. 1: 23

Meleong, Lexy J. (I998). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mohtar, Imam. Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Pengalaman Kerja Dengan Kinerja Guru Madrasah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Mulyono. (2010). Strategi Pembelajaran: Menuju Efektivitas Pembelajaran Di Abad Global. Mala ng: UIN-Maliki Press.

Mutiah, Diana. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurjanah, Nunung. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Operasi Bilangan Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 3, No. 2: 105–119.

Piaget, Jean. (1972). Play and Development: A Symposium with Contributions. New York: W.W. Norton & Company.

Rohayani, Farida farida. (2018). Model Pembelajaran Inkuiri Untuk PAUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol. 3, No. 1 : 43–52.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Wahyudin. (2007). A To Z Anak Kreatif. Jakarta: Gema Insani.

Wartini, Atik, M. Khoirul Hadi Al-Asy’ari, and Asyruni Multahada. (2017). Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Intizar Vol. 23, No. 1 : 151




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional