Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Abstrak
Pada era milineal, mayoritas kebutuhan manusia berbasis digitalisasi dan bisa diatur menggunakan gadget. Penggunaan gadget saat ini sudah merambat ke dunia anak, sehingga menjadi tantangan bagi orang tua dan pendidik PAUD dalam menghadapi anak di era revolusi industri 4.0. Di Negara Indonesia penggunaan gadget banyak berdampak negatif, khususnya pada anak usia dini. Fenomena tersebut menjadi latar belakang masalah pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget yang dapat menunjang sarana pembelajaran anak usia dini. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada anak usia dini yang berusia 4-6 tahun, wawancara terhadap orang tua yang memberikan gadget pada anak usia dini, dan dokumentasi yang terkait pada anak yang menggunakan gadget dalam proses pembelajarannya. Hasil penelitian yang Penulis lakukan dapat diketahui bahwa penggunaan gadget dapat meningkatkan minat belajar anak dalam proses pembelajaran. Sehingga gadget bagi kalangan anak bisa sebagai alat untuk melengkapi sarana proses pembelajarannya.
Kata Kunci: Gadget, Sarana Pembelajaran, Era Revolusi Industri 4.0.
Abstract
In this milineal era, the majority of human needs are based on digitization and can be managed using gadgets. The use of gadgets has now spread to the world of children, so it is a challenge for parents and kindergarten teachers in dealing with children in the industrial revolution era 4.0. In Indonesia, the use of gadgets has many negative effects, especially in early childhood. This phenomenon is the background of the problem in this study. This study uses descriptive qualitative research methods and aims to determine the use of gadgets that can support early childhood learning facilities. The process of collecting data is done through observation of early childhood aged 4-6 years, interviews with parents who give gadgets to young children, and related documentation on children who use gadgets in the learning process. The results of research by the author can be seen that the use of gadgets can increase children's learning interest in the learning process. So that the gadget for children can be a tool to complement the learning process facilities.
Keywords: Gadget, Learning Tool, Industrial Revolution Era 4.0.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrianto. (2018). Being a Professional Teacher in the Era of Industrial Revolution 4.0: Opportunities, Challenges and Strategies for Innovative Classroom Practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 3.
Akindele, I. (2017). Quest for quality early childhood care, development and education: reflections on teacher and teaching factors in nigeria’s context. International Journal of Early Childhood Education Research, 4–25.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dong, C. (2016). Young children’s use of ICT in Shanghai preschools. Asia-Pacific Journal of Research In Early Childhood Education, 97–123. Retrieved from http://dx.doi.org/10.17206/apjrece.2016.10.3.97
Erdemir, E, et. al. (2016). Self-efficacy and life satisfaction levels of early childhood teachers in the u.s. And turkey. International Journal of Early Childhood Education Research, 4–16.
Gazali, E. (2018). Pesantren di antara generasi alfa dan tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industi 4.0. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 96.
Gie. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.
Gulo, W. (2000). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo Anggota.
Ishartiwi, L. dan. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 170.
Kominfo. (n.d.-a). Peran Utama Ibu sebagai Manajer Teknologi Keluarga. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/17526/peran-utama-ibu-sebagai manajerteknologi-keluarga/0/berita_satker
Kominfo. (n.d.-b). Riset Kominfo dan Unicef Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet. Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan internet/0/siaran_pers
S, H. (2019). Pengaruh media audio visual terhadap stimulasi sensori pen¬dengaran bagi anak Toddler di TPA/PAUD. Early Childhood Education Journal of Indonesian, 2(1), 1–5.
Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making existing production systems Industry 4.0-ready. Production Engineering. Vol. 9(Issue.1), 143–148.
Tania Clara Dewanyti, Widada, dan T. (2016). Hubungan Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadget Smartphone dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 9 Malang. Jurrnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 127.
Widiawati. (2014). Pengaruh Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional