Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi bagi anak usia dini baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan sekolah. Dikarenakan teknologi tidak terlepas dari kehidupan anak di era yang semakin canggih ini. Keberadaan teknologi tidak dapat dipungkiri dan bagaimanapun anak tidak dapat di cegah ataupun dilarang menggunakannya, namun kontrol dan pendampingan yang tepat dapat menjadi solusi yang tepat bagi anak. oleh karena itu, penelitian ini menjawab permasalahan yang sering dihadapi oleh orangtua dan guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara dalam proses pengumpulan data, serta menggunakan metode studi literatur dari berbagai sumber jurnal, buku, dan hasil penelitian yang mendukung. Penelitian dilakukan di desa Talun kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro dengan jumlah subjek 20 orangtua wali yang memiliki anak usia 3-6 tahun dan pada dua lembaga PAUD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata orangtua wali belum banyak memberikan kontrol dan pendampingan dalam penggunaan smartphone pada anak sehingga anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain smartphone dibanding bermain dengan teman sebayanya. Sedangkan dalam bidang pendidikan teknologi belum banyak dimanfaatkan secara maksimal oleh guru. Sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan rujukan bagi guru dan orangtua dalam proses pemanfaatan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Atmojo, Alfi P. (2017). Pembelajaran Berbasis Smartphone sebagai Trend Pendidikan Abad 21 (Kajian Toritis dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis Smartphone). Prosiding KMP Education Research Conference “21st Century Trends and Innovations in Education Endeavor: Integrating 21st Century Skills into practice”. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 26-36
Blake Sally, Winsor Denise, dan Allen Lee. (2012). Technology and Young Children Bridging the Communication-Generation Gap. USA:Information Science REFERENCE
Broto, G. S. D (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet. Diambil 01 April 2020, dari https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers
Chusna Puji Asmaul. (2017). Pengaruh Media Gdget pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. IAIN Tulungagung. Vol. 17, No. 2.
Daryanto dan Saiful, K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media
Green, TD dan A. Brown. (2002). Multimedia Project in the Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Hardiyana Andri. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. Artikel
Kata data. (2016). Data Pengguna Smartphone dari tahun 2016-2019. Diambil 01 Mei 2020, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019#
Keengwe, J dan Onchwari, G. (2008). Constructivism technology, and meaningful learning. In T. Kids & H. Song (Eds). Handbook of reasearch on instructional systems and technology. Hershey, PA: Information Science Reference
Keengwe, J dan Onchwari, G. (2009). Technology and Early Childhood education; A Technology Integration professional Development Model for Practicing. Early Childhood Education Journal. Doi: 10. 1007/s 10643-009-0341-0
Khoiri Alfian Nur . (2019). Efek Penggunaan Gadget Bagi Anak-anak. Diambil 04 Mei 2020, dari https://www.ayosemarang.com/read/2019/11/27/47946/efek-penggunaan-gadget-bagi-anak-anak
Murdaningsih Dwi, dan Faqih Mansyur. (2019). Survei: Jutaan Anak Usia SD Kecanduan Gadget. Diambil 29 April 2020, dari https://www.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/14/01/17/mzjj2x-survei-jutaan-anak-usia-sd-kecanduan-gadget
NAEYC dan FRC. (2012). Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. Washington DC. www.naeyc.org atau [email protected]
Nisa Lulu Choirun. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pnegembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. SAWWA. Vol 7. No. 2. hal 91-112
NSBF. (2000). Safe and smart. Research and guidelines for children’s use of the internet. Alex-andria, VA: national School Boards Foundation
Pebriana putri Hana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Doi. 10.31004/obsesi.vlil.26. hal 1-11
Rizky Fahreza (2019). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini Perlu Jadi Isu Nasional. Diambil 05 Mei 2020, dari https://nasional.okezone.com/read/2019/01/25/337/2009530/dpr-penggunaan-gadget-oleh-anak-usia-dini-perlu-jadi-isu-nasional
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Zaini Muhammad, dan Soenarto. (2019) Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Doi. 10.31004/obsesi.v3il. 127. Hal 254-264
Zhallina Nuryus. (2019). Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan. Diambil 30 April 2020, dari https://www.suara.com/yoursay/2019/12/11/135739/kecanduan-gadget-pada-usia-dini-semakin-menghawatirkan
Kata data. (2019). Kemampuan Membaca, Matematika, dan Sains Indonesia Rendah. Diambil 05 Mei 2020, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/04/2018-kemampuan-membaca-matematika-dan-sains-indonesia-rendah#
Panjianto Tri. (2018). Budaya Sekolah Digital Learning dan Pembelajaran Berbasis Mobile. Diambil 01 April 2020, dari https://www.indonesiadigitallearning.com/content/artikel/menggapai-generasi-emas-kaya-prestasi-melalui-program-4c-budaya-sekolah-digital-learning-dan-pembelajaran-berbasis-mobile-
Gerintya Scholastica. (2019). Indeks Pendidikan Indonesia Rendah, Daya Saing pun Lemah. Diambil 02 April 2020, dari https://tirto.id/indeks-pendidikan-indonesia-rendah-daya-saing-pun-lemah-dnvR
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional