Akuisisi Bahasa Kedua pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Manafiul Ulum Kudus

Azwar Annas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana perolehan bahasa kedua pada anak usia 4-5 tahun di RA Manafiul Ulum Kudus. Keniscayaan bagi masyarakat yang multilinggual atau bilinggual adanya proses pemerolehan bahasa kedua, ini yang dialami dari sebagian besar masyarakat di Indonesia  yang terdapat bermacam dan ragam bahasa daerah. Bahasa daerah merupakan bahasa pertama, sedangkan bahasa Indonesia merupakan bahasa kedua. Sesuai dengan tujuan dan hasil yang ingin dicapai dalam penelitian yang dimaksud, maka pendekatan yang dipilih adalah kualitatif deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini, bahwa dalam pemerolehan bahasa kedua terdapat dua proses, yakni reseptif dan produktif. Poses reseptif bertalian dengan kemampuan pemahaman. Proses produktif mengacu pada pengungkapan atau penerbitan kalimat. Untuk mengembangkan kedua proses berbahasa tersebut, guru RA Manafiul Ulum Kudus menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang atraktif.  Metode yang digunakan Tematik dengan berbagai macam teknik diantaranya; bercerita, berkebun, gambar berseri, dan permainan bahasa.

Keywords


Akuisisi; Bahasa Kedua; Usia 4-5

References


Abidin, Yusuf. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Chaer, Abdul. 2009. Psikoliguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chomsky, Noam. 2005. Language and Mind. Third. New York: Cambridge University Press.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia.

Echols, John M. 2005. An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.

Ellis, Rod. 1997. Second Langguage AcquisitionNo Title. England: Oxford University Press.

Fuad Effendy, Ahmad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Ghozali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Krasen, Stephen D. 1981. Second Language Acquisition and Second Language Learning. Oxford: Pergamon Press Ltd.

Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Andi Ofset.

Nababan, Sri Utami Subyakto. 1992. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Rahman, Hibana S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Rodiyah. 2015. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Pembelajaran Atraktif Di TK Pelita.” Pontianak.

Setiyadi, Alif Cahya. 2013. “Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen.” At-Ta’dib 8.

Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Hanry Guntur. 1986. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.

Zahidin, Mohammad Ali. 2016. “Teori Koneksionisme Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Anak Usia Dini.” Journal Indonesian Language Education and Literature 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional