Metode Dongeng Dan Pembentukan Jiwa Religius Anak Penyandang Tuna Grahita Ringan

Zakiyah Isnawati, Kholidia Evening Mutiara

Abstract


Kemajuan teknologi, pengetahuan dan pergerakan zaman menuntut kita untuk terus melakukan inovasi pembelajaran. Perbedaan generasi mempengaruhi perbedaan model, pendekatan dan metode pembelajaran serta gaya belajar siswa. Sebagai seorang guru, kita harus menyesuaikan gaya belajar siswa sehingga pembelajaran bisa berhasil mencapai tujuan.  Jika kita tidak melakukan penyesuaian, maka pembelajaran tidak akan berhasil dan  pendidikan akan tertinggal jauh dari perkembangan zaman

Keywords


dongeng; jiwa; religius

Full Text:

PDF

References


Aris Soimin. Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media : Yogyakarta. Hlm. 19

Heru Mariya. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Anak Tuna Grahita Ringan Kelas D 1 SLB-C YPAALB Prambanan Klaten. Universitas Sebelas Maret Surakarta : Surakarta. 2008. Hlm. Xix

Munif Chatib. Sekolahnya Manusia. Mizan Pustaka : Bandung. 2014. Hlm. 52

Enny Fatkhiyati. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Tingkah Laku Akhlaq Siswa Menengah Pertama Negeri 1 Mayong Jepara. Undaris GUPPI : Semarang. 1995. Hlm. 49

Dian Siswanti. Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Vakt Dengan Media Plastisin Bagi Anak Tuna Grahita Ringan. Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) Vol. 1, No. 3, September 2012

Nadya Puteri. Efektifitass Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tuna Grahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok. Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) Vol. 1, No. 3, September 2012

Titik Munawaroh. Problematika Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak Penyandang Tuna Grahita (SLB B/C YPPLB NGAWI Kab. Ngawi. Universitas Muhammadiyah Surakarta : Surakarta. 2009. Hlm. 9

dikutip dari Times of India, Jumat (7/6/2013)

Erninta Afryani Sinulingga. https://desyandri.wordpress.com/2011/09/20/pembelajaran-bernyanyi/. Diunduh pada 20 april 2018

Darwyn Syah, Dkk. 2007. “ Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam”. Jakarta : Gaung Persada Jakarta Press . (Halaman 135-136)

Nadya Puteri. Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tuna Grahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok. Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) Vol. 1, No. 3, September 2012. Hlm. 3

Hardiman M. L. Kemampuan Belajar. Dekdikbud. Jean Piagent : Jakarta. 1990. Hlm. 25

Zumrodi. Bias Gender Dalam Pendidikan Islam Dan Upaya Penanggulangannya. Dalam Jurnal Studi Gender Palastren, Volume 4. Nomor 1 Juni 2011. PSG STAIN Kudus : Kudus. Hlm. 25

Enny Fatkhiyati. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Tingkah Laku Akhlaq Siswa Menengah Pertama Negeri 1 Mayong Jepara. Undaris GUPPI : Semarang. 1995. Hlm. 49

Titik Munawaroh. Problematika Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak Penyandang Tuna Grahita (SLB B/C YPPLB Ngawi Kab.Ngawi.Universitas Muhammadiyah Surakarta : Surakarta. 2009. Hlm. 10

Soemantri Sujihati. Psikologi Anak Luar Biasa. Refika Aditama : Bandung. Hlm. 105

Nadya Puteri. Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tuna Grahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok.Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) Vol. 1, No. 3, September 2012. Hlm. 320

Hikmah Risqi Awalia. Studi Deskriptif kemampuan interaksi social anak tuna grahita ringan.Universitas Negeri Surabaya : Surabaya. 2016 . Hlm. 2

Op. Cit. Hlm. 326

Ibid. Halaman 121

Allina nor fatmia, Dkk. 2015. ‘’ Hadist Tentang Strategi Pendidikan’’. Kudus : STAIN Kudus. ( Halaman 5-7)

Op. Cit. Halaman 197

Anton moeliono. 1993. “ Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Jakarta: Balai Pustaka. (halaman 165)

dikutip dari Times of India, Jumat (7/6/2013)

Erninta Afryani Sinulingga. https://desyandri.wordpress.com/2011/09/20/pembelajaran-bernyanyi/

Yuliatun. 2015. “ Hadist Yang Berkaitan Dengan Metode Cerita Dan Ceramah”. Kudus : STAIN Kudus.( halaman 4-5)

Ibnu hajar. 2013. ’’Panduan Lengkap Kurikulum Tematik Untuk SD/MI’’. Jogjakarta : Diva Press. (halaman 36).

Zumrodi.Bias Gender Dalam Pendidikan Islam Dan Upaya Penanggulangannya. Dalam Jurnal Studi Gender Palastren, Volume 4. Nomor 1 Juni 2011. PSG STAIN Kudus : Kudus. Hlm. 25

Enny Fatkhiyati. Pengaruh Pendidikan Islam terhadap Tingkah Laku (Akhlak) siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mayong Jepara.UNDARIS : Kudus. 1995. Hlm. 51

Anna Craft. ‘’membangun kreativitas anak’’. Inisiasi Press : Depok. 2003. Hlm. 63

Anton moeliono. “ Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Balai Pustaka : Jakarta. 1993. Hlm. 165

Erninta Afryani Sinulingga. https://desyandri.wordpress.com/2011/09/20/pembelajaran-bernyanyi/

Nofran.Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Drill bagi Anak Tuna Grahita Ringan.Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (E- JUPEKhu) Vol. 1, No. 1 Januari 2013. Hlm. 401

Andi Prastowo. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press : Yogyakarya. 2011. Hlm. 329

Ridwan Abdulla Sani. Inovasi Pembelajaran. PT. Bumi Aksara : Jakarta. 2016. Hlm. 76

Ibid. Hlm. 76

Anita E. Woolfolk dan Lorraine McCune-Nicolich. Mengembangkan Kepribadian dan Kecerdasan Anak-Anak (Psikologi Pembelajaran 1). Inisiasi Press : Jakarta. 2004. Hlm. 90-97

Ibid. Hlm. 97




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional