Motivasi Dosen Bahasa Inggris Jurusan Tarbiyah STAIN KUDUS dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini
Abstract
Abstract: ENGLISH LECTURERS MOTIVATION OF TARBIYAH
DEPARTMENT STAIN KUDUS IN IMPROVING LANGUAGE DEVELOPMENT
IN EARLY CHILDHOOD. English lecturers who are associated with early
childhood, the type of motivation differs from improving language
development in general. This is caused by different treatments such as
through different approaches and methods through academic and non
academic activities. In research methodology, the type of research used is
field research with qualitative descriptive approach. The results of the
research show that: (1) From intrinsic motivations, the English lecturers
did improving the language development of early childhood indirectly
through i.e: giving language guidance, especially English and checking the
readiness of the language area. Besides, from extrinsic motivations,
indirectly they gave the opportunity to educators and parents guardians in
early childhood to consult about the development of the children language
while directly they motivated through selecting appropriate media and
methods. Secondly, (2) the motivations of English lecturers in improving
language development for Early Childhood come from their role as early
childhood parents by instilling the importance of communication since
early while the absorption of children is very high even
bilingually/multilingually. In addition, they dedicated to community
services as speakers of some parenting events.
Abstrak: Dosen Bahasa Inggris yang memiliki keterkaitan dengan anak
usia dini, jenis motivasinya berbeda dengan peningkatan perkembangan
bahasa secara umum. Hal ini disebabkan oleh treatment yang berbeda
seperti melalui pendekatan juga metode yang beda pula melalui kegiatan
akademis dan non akademis. Pada metodologi penelitian, jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi Intrinsik
dosen Bahasa Inggris dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada
anak usia dini secara tidak langsung yakni kegiatannya berupa memberi
pembinaan bahasa khususnya bahasa Inggris dan mengecek kesiapan
area bahasa. Motivasi Ekstrinsik secara tidak langsung yakni memberi
kesempatan pada pendidik maupun orang tua wali di PAUD untuk
berkonsultasi seputar perkembangan bahasa anak sedangkan secara
langsung dengan menumbuhkan motivasi anak melalui media dan
metode yang tepat. (2) Motivasi dosen Bahasa Inggris Jurusan Tarbiyah
STAIN Kudus dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak
Usia Dini berasal dari perannya sebagai orang tua anak usia dini dapat
meningkatkan perkembangan bahasa dengan menanamkan pentingnya
komunikasi sejak dini di saat daya serap anak sangat tinggi bahkan
dengan bilingual/multilingual. Selain hal tersebut, dosen Bahasa Inggris
melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai narasumber acara
parenting.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, T. Z. 2013. Advancing False Beginners’ Motivations in
English as Foreign Language (EFL) Learning. Malang: ELITE
Proceeding.
Brown, H. D. 2001. Teaching by Principles an Interactive Approach
to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley
Longman, Inc.
Elsjelyn, E. R. 2006. English Made Easy. Jakarta: Kesaint Blanc.
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis
di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching.
Essex:Pearson Education Limited.
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada
Anak. Jakarta: Prenada Media.
Maria Montessori (2008) The Absorbent Mind, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Mark R. Lepper & Jennifer Henderlon. 2000. Turning "Play"
into "Work" and "Work" into "Play": 25 Years of
Research on Intrinsic Versus Extrinsic Motivation, Ney
Jersey: Academic Press.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, Nusa dan Ninin Dwilestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD.
Rajawali Press.
Surat Ar-Ra’d ayat 11 Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen
Agama Republik Indonesia: PT Syaamil Cipta Media.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL BAB VI JALUR,
JENJANG, DAN JENIS PENDIDIKAN Bagian Keempat
mengenai Pendidikan Tinggi Pasal 24: bahasan STANDAR
NASIONAL PENDIDIKAN dan Pasal 35.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005
Tentang Guru Dan Dosen Pasal 1, 51 dan 60.
Depdikbud. 1995/1996. Petunjuk Pengajaran Membaca dan
Menulis Kelas I,II,III di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Dirjen Dikdasmen. Direktorat Pendidikan Dasar.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional