Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini
Abstract
Abstract: THE PARENTS’ ROLE IN DEVELOPING THE EARLY CHILDHOOD
LANGUAGE DEVELOPMENT. The purposes of this research are to know the
stages of early childhood language development, factors that influence the
development of early childhood language and the roles of parents in
developing the early childhood language. It is library research or literature
study. The first result shows that the early childhood language includes
prelinguistic, (protolinguistic) and linguistic fase. The second result shows
that language development is influenced by two factors, internal and
external factors. Internal factors include biological, gender, intelligence
and the child's own health factors. While external factors are the socioeconomic
conditions of families and family relationships. And the latest
result shows that six types of parents’ involvement include parenting,
communicating, volunteering, learning at home, making decision, and
collaborating with the family/community).
Abstrak: Bahasa anak usia dini perlu ditingkatkan pula. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengetahui tahapan perkembangan bahasa anak
usia dini, faktor yang mempengaruhi pengembangan bahasa anak usia
dini dan bagaimana peran orang tua dalam pengembangan bahasa anak
usia dini. Jenis penelitian ini adalah library research atau kajian pustaka.
Hasil pertama menjukkan bahwa bahasa anak usia dini meliputi tahapan
pralinguistik, (protolinguistik) dan linguistik. Hasil kedua menunjukkan
bahwa perkembangan bahasa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor biologis,
jenis kelamin, kecerdasan dan kesehatan anak itu sendiri. Sedangkan
faktor eksternalnya adalah kondisi sosial ekonomi keluarga dan
hubungan keluarga. Dan hasil terakhir menunjukkan bahwa enam jenis
keterlibatan orang tua meliputi parenting (mengasuh), communicating
(berkomunikasi), volunteering (sukarela), learning at home (belajar di
rumah), making decision (mengambil keputusan), dan collaborating with
the community (berkolaborasi dengan keluarga/masyarakat).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Depdikbud. 1996. Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis
Kelas I dan II di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud, Dirjen
Disdakmen, Direktorat Pendidikan Dasar.
Epstein, J. 2001. School, Family, and Community Partnerships:
Preparing Educators and Improving Schools. Boulder, CO:
West view Press.
Friederici, A.D. 2011. The Brain Basis of Language Processing:
from Structure to Function. NCBI, US national Library of
Medicine, National Institute of Health. Tersedia di
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22013214.
Diakses pada Tanggal 18 November 2017
Lidz, Jeffrey; Waxman (16 April 2003). "What Infants Know about
Syntax but couldn't have Learned:Experimental Evidence for
Syntactic Structure at 18 Months".
Lightfoot, D. 2010. "Language acquisition and language
change". Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive
Science. 1 (5): 677–684. Wiley Online Library. Tersedia di
http://wires.wiley.com/WileyCDA/WiresArticle/articles.h
tml?doi=10.1002%2Fwcs.39. Diakses pada Tanggal 18
November 2017.
Meriyati. 2016. Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini.
Harakat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. I, No.
, Agustus. Tersedia di http://ejournal.
iainjambi.ac.id/index.php/annisa/article/downloa
d/856/777. Diakses pada tanggal 18 November 2017.
Morrison, G. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Indeks (Edisi Bahasa Indonesia)
Santrock, J. 2007. Child Development. New York: McGrow
Soepriatmadji, L. 2015. Pola Perkembangan Sintaksis Bahasa
Inggris pada Anak. Dinamika Bahasa dan Budaya (DBB)
vol 10 No 2. Tersedia di https://www.unisbank.
ac.id/ojs/index.php/fbib1/article/view/3749. Diakses
pada tanggal 17 November 2017.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.
Yusuf, S. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan
Remaja.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Zubaidah, E. Tt. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.
Pendidikan Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional