INSTILLING ENVIRONMENTAL AWARENESS AND NATURALISTIC INTELLIGENCE IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION: A CASE STUDY OF A KINDERGARTEN IN INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
, K. A. B. L. dan D. P. tenaga A. tahun. (2019). Modul Kemajemukan Agama Di Indonesia.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikankementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D. T. R. I. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). Kemendibudristek.
Chandrawati, T., & Aisyah, S. (2022). Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1). https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.131-136.2022
Chusnani, D. (2013). Pendidikan Karakter Melalui Sains. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 9–13.
Devi, S., Fatchiya, A., & Susanto, D. (2016). Kapasitas Kader dalam Penyuluhan Keluarga Berencana di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Penyuluhan, 12(2), 144. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i2.11223
Febriyanti AS, N. W. (2016). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Proyek (Penelitian Tindakan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh). Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 5(2), 119–127. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/viewFile/3833/3725
Firdausyi, A. N., & Marlisa, L. (2022). Implementasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Dalam Tema Belajar “Aku Cinta Indonesia.” Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 69–75. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/view/62%0Ahttps://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/download/62/61
Fitriah, N., Elfarisna, E., Putri, D. I., Sukrianto, S., Nur, N., Vitasari, P. D. K., & Kismawati, D. (2021). Pengenalan Aktivitas Berkebun sebagai Media Pembelajaran terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10677
Indra Prasetia,Amiruddin, Nuraini, Arnisa naddya, abdu Mizar ridho,Susanti, N. A. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia dini di TK Islam Terpadu Al-Farabi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling;Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 5(1), 1349–1358.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Jamhariani, R. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Pascapandemi Covid-19 Pada Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pascasarjana 2020.
Kamil, N., & Anggraeni HR, E. (2023). Implementation of STEAM in Preschool as a 21st-Century Learning Innovation. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.14421/joyced.2023.31-06
Kamil, N., & Asriyani, S. (2023). Analisis Penerapan Metode Montessori Pada Aspek Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Practife Life. Journal Buah Hati, 10(1), 1–15.
Kamil, N., Zahrah, F., & Dewi, U. K. (2023). Teacher’s Intervention in Providing Understanding of Association Limits to Girls (Cases in Children Who Have Stepfathers). Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.7748/nm.23.9.12.s14
Kebudayaan, D. P. P. A. U. D. : D. jenderal P. A. U. D. dan P. M. K. P. dan. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Pendidikan Agama Islam. 112.
Kurniasari, A. F., & Susanti, W. M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama & Budi Pekerti (A. D. Lestari (ed.); Satu). Pusat Perbukuan Badan Standar,Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marietta, Annisa Dwi, Evin Darmawani, R. N. (2019). Meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan berkebun pada anak kelompok b ra perwanida 4 jakabaring palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4088
Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28).
Nurjannah, D., Wahyu, W., Sari, D. P., Maghfirah, W. S., & Oktanira, I. (2022). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun di halaman Sekolah. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 49–59. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5611
Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37–44.
Ruqoyyah Fitri. (2017). METAKOGNITIF PADA PROSES BELAJAR ANAK DALAM KAJIAN NEUROSAINS. Jurnal Pendidikan, 2(1), 44–52.
Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, N. M. S. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Mnusia. Jurna Buana Pengabdian, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v12i1.25277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional